Minggu, 25 Agustus 19

Alasan JK Laporkan Dugaan Fitnah Pada Dirinya ke Bareskrim

Alasan JK Laporkan Dugaan Fitnah Pada Dirinya ke Bareskrim
* Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Jakarta, Obsessionnews.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akhirnya memutuskan melaporkan Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (Solmet) Sylvester Matutina ke Bareskrim Polri.Sylvester dianggap telah melakukan fitnah dan pencemaran nama baik terhadap JK saat sedang memberikan orasi.

Kuasa hukum JK, Muhammad Ihsan, mengatakan, pihak melaporkan Sylvester karena banyak desakan dari masyarakat. Khususnya masyarakat di kampung JK, Sulawesi Selatan, dan kampung Muffidah, istri JK, di Sumatera Barat.

“Desakan keluarga membuat pak JK tak bisa menolak. Akhirnya pak JK mengatakan jika langkah hukum dianggap yang terbaik, silakan dilakukan langkah hukum,” kata Ihsan di kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (29/5/2017).

Ihsan menjelaskan, awalnya sebenarnya JK tidak mau memperpanjang persoalan ini dengan melaporkan ke Bareskrim. JK memilih untuk memaafkan. Tapi karena banyak desakan dari masyarakat ia kemudian memutuskan melapor.

“Mudah-mudahan dalam waktu tak lama proses hukum akan berjalan. Kami harap bisa dilimpahkan ke pengadilan,” kata Ihsan.

Ihsan membawa bukti berupa video dan transkrip ucapan Sylvealster dalam orasi yang dia lakukan pada 15 Mei 2017. Dalam video tersebut, Sylvester menyebut JK sebagai akar permasalahan bangsa yang ambisi politik kekuasaan.

“Jangan kita dibenturkan dengan Presiden Joko Widodo. Akar permasalahan bangsa ini adalah ambisi politik Jusuf Kalla” kata Sylvester dalam video tersebut.

Selain itu, Sylvester menuding Kalla menggunakan isu rasis untuk memenangkan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dalam Pilkada DKI Jakarta. Sylvester juga mengatakan bahwa Kalla berkuasa hanya demi kepentingan Pilpres 2019 dan kepentingan korupsi daerah kelahirannya.

“Kita miskin karena perbuatan orang-orang seperti JK. Mereka korupsi, nepotisme, hanya perkaya keluarganya saja,” lanjut Sylvester dalam orasi.

Laporan Ihsan diterima dengan Nomor Laporan Polisi LP/554/V/2017/Bareskrim tertanggal 29 Mei 2017. Sylvester dilaporkan atas dugaan tindak pidana fitnah dan pencemaran nama baik sebagaimana diatur dalam Pasal 310 dan 311 KUHP. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.