Kamis, 17 Oktober 19

Alasan Airlangga Tunjuk Bambang Soesatyo jadi Ketua DPR

Alasan Airlangga Tunjuk Bambang Soesatyo jadi Ketua DPR
* Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo. (Foto: Sutanto/Obsession Media Group).

Jakarta, Obsessionnews.com – DPP Partai Golkar telah secara resmi mengumumkan penetapan Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR RI. Rencananya Ketua Komisi III DPR itu akan dilantik Senin (15/1/2018). Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut sosok Bambang sebagai sosok yang mempunyai pengalaman panjang dalam proses politik di DPR.

Pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut dianggap memahami hakikat kelembagaan di DPR yang dibutuhkan sebagai Ketua DPR untuk meningkatkan kinerja maupun kepercayaan masyarakat. “Bamsoet  juga punya konseptual yang baik dan mempunyai ide dan gagasan, Bamsoet juga organisasinya banyak, mungkin kategori kebanyakan, jadi diminta lebih aktif di DPR,” ujar Airlangga, Senin (15/1).

Tidak hanya itu, Menteri Perindrustrian itu mengungkapkan Bambang juga memiliki latarbelakang sebagai wartawan sehingga diharapkan dapat berkomunikasi baik dengan media. “Diharapkan agar punya komunikasi terbaik dengan teman media dan bahasa media menggunakan bahasa yang sama, yang saya batasi permainan jempol beliau,” ujar Airlangga.

Sebelumnya Airlangga menyebut penetapan nama Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR juga telah sesuai dengan tahapan dan mekanisme pembahasan baik di internal Partai Golkar maupun komunikasi dengan tokoh-tokoh di Partai Golkar. Baik dari Dewan Pembina Golkar, Dewan Pakar Partai Golkar maupun rapat DPP terbatas di tingkat koordinator Bidang.

“Memang dari nama-nama yang muncul di publik seluruhnya mampu mempunyai posisi ketua DPR namun setelah dilakukan komunikasi di lingkungan strategi dan politik maka sodara Bambang Soesatyolah yang ditetapkan untuk mengisi jabatan lowong setelah Pak SN undurkan diri,” ujar Airlangga.

Menurut Airlangga, ia memahami bahwa jabatan ketua DPR tidaklah mudah dalam periode tersisa DPR yang hanya 1,5 tahun. Namun saat ini telah memasuki tahun politik dimana eskalasi kontestasi politik meningkat.

Karenanya DPR sebagai mitra kelembagaan tinggi negara tentu diharapkan dapat menjadi bagian untuk mengembangkan politik ekonomi dan hukum untuk menjaga keseimbangan. Selain itu, DPR juga saat ini mendapat sorotan yang luas dan tidak dalam posisi yang baik kinerjanya dinilai publik. Sehingga DPR kinerjanya diharapkan untuk dapat ditingkatkan.

“Oleh karena itu dibutuhkan sosok Ketua DPR yang mampu meningkatkan citra kelembagaan DPR dan memperoleh kepercayaan masyarakat terutama untuk perwakilannya yang dapat mencerminkan efektifitas, produktifitas dan aspiratif agar dapat berwibawa dan bermanfaat di mata publik,” ujar Airlangga. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.