Jumat, 19 April 24

Akses Pasar APEC Terhadap Global Value Chain akan Diperkuat

Akses Pasar APEC Terhadap Global Value Chain akan Diperkuat
* APEC SME Ministerial Meeting (MM) ke-24 dan APEC Small and Medium Enterprises Working Group (SMEWG) ke 45 di Vietnam.

Jakarta, Obsessionnews.com – Delegasi Indonesia yang dipimpin Deputi Produksi dan Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta menghadiri pertemuan  APEC SME Ministerial Meeting (MM) ke-24 dan APEC Small and Medium Enterprises Working Group (SMEWG) ke 45 di Ho Chi Minh City, Vietnam, 10-15 September 2017. Pada pertemuan tersebut, salah satu isu penting yang dibahas adalah peningkatan akses pasar melalui digitalisasi.

“Isu e-commerce banyak dibahas oleh negara-negara peserta dan diharapkan ada kesetaraan dari semua negara anggota APEC untuk mengembangkan UMKM berbasis digital,” kata Wayan Dipta melalui siaran pers, Minggu (17/9/2017).

Wayan mengemukakan pertemuan tersebut banyak membahas bagaimana memperkuat akses pasar negara-negara APEC terhadap global value chain. Selain itu untuk meningkatkan kapasitas dan manajemen dengan pelatihan, memperkuat UMKM APEC dalam inovasi dan digital ekonomi serta mendorong pengembangan startup.

Dalam pertemuan, Filipina meluncurkan APEC MSME Marketplace (www.apecmsmemarketplace.com) yang berisi informasi mengenai UMKM para anggota ekonomi APEC. Wayan selaku ketua delegasi Indonesia memberi masukan kepada Filipina untuk memantau pelaksanaannya agar berkelanjutan dan bermanfaat bagi seluruh anggota ekonomi APEC.

“Semua negara anggota APEC harus bisa memanfaatkan APEC MSME Marketplace, jangan hanya beberapa negara saja. Indonesia melalui SMESCO, termasuk yang sudah memanfaatkannya,” kata Wayan.

Dia mengemukakan isu e-commerce sebenarnya sudah diusung Indonesia dalam pertemuan APEC sejak lama, sebab Indonesia menyadari perdagagan dalam era teknologi akan menjadi kekuatan besar.

Terdapat beberapa inisiatif yang melibatkan Indonesia, antara lain  APEC Kanada Growing Business Partnership Initiative 2017-2020. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian bisnis dan entrepreneurship, memperluas akses pasar untuk produk dan jasa, serta menjadi katalis dalam inovasi sosial dan teknologi.

Selain itu, APEC Women Business Leaders Forum yang akan diadakan tanggal 9-10 November 2017 di Seoul Korea. Indonesia akan menjadi salah satu pembicara, yang akan mengangkat kisah sukses pengusaha wanita di Indonesia.

Wayan mengatakan, pertemuan APEC tersebut memberikan banyak program yang dapat diterapkan di Indonesia. Diharapkan 24 instansi yang mempunyai program kerja terkait UMKM dapat berkoordinasi untuk membuat program kerja pengembangan UMKM. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.