Minggu, 3 Maret 24

Akil Mochtar Tetap Dihukum Seumur Hidup

Akil Mochtar Tetap Dihukum Seumur Hidup

Jakarta, Obsessionnews – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi M Akil Mochtar harus menghabiskan masa hidupnya dipenjara setelah Mahkamah Agung menolak permohonan kasasinya. Akil tetap dipenjara seumur hidup sebagaimana dikuatkan dalam putusan tersebut.

“Permohonan kasasi M Akil Mokhtar yang dijatuhi hukuman seumur hidup oleh Pengadilan Tinggi DKI, tidak dikabulkan oleh Mahkamah Agung,” ujar anggota majelis hakim kasasi Krisna Harahap di Jakarta, Senin (23/2/2015).

Krisna menerangkan sebagai hakim konstitusi Akil seharusnya bisa menjaga diri dari perbuatan tindak pidana korupsi. Terlibat dalam kasus penyuapan mantan politisi partai Golkar itu dianggap telah mencederai asas-asas demokrasi.

“Akil Mokhtar seharusnya mengharamkan setiap usaha siapapun yang ingin menodai asas-asas demokrasi yang terkandung dalam UUD sebagaimana termaktup dalam pembukaan konstitusi RI,” katanya.

Akil ditangkap penyidik KPK saat terlibat transaksi suap dengan anggota DPR Susi Tur Andayani pada Oktober 2013. Suap itu terkait dengan penanganan sengketa pilkada yang tengah ditangani MK.

Di tingkat pengadilan Tipikor, Akil Mochtar divonis seumur hidup. Hakim menyatakan, Akil terbukti menerima suap terkait penanganan empat sengketa pilkada yaitu Pilkada Kabupaten Gunung Mas, Pilkada Lebak di Banten, Pilkada Empat Lawang dan Pilkada Kota Palembang.

Putusan itu lalu dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta pada 12 November 2014.‎ Tidak puas sampai disitu Akil melanjutkan upaya hukum kasasi ke MA tapi lagi-lagi kandas. Akil yang kini berusia 55 tahun itu harus siap-siap menghabiskan sisa hidupnya di penjara hingga akhir hayatnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.