Jumat, 27 Mei 22

Akibat Virus Corona, Laga Timnas Indonesia Ditunda

Akibat Virus Corona, Laga Timnas Indonesia Ditunda
* ilustrasi sepakbola Asia

Federasi sepakbola Indonesia, PSSI, memastikan bahwa partai lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang melibatkan timnas Indonesia, harus ikut tertunda karena wabah virus Covid-19, atau corona.

PSSI menerima keputusan dari AFC, yang menunda partai lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Hasil itu didapat setelah PSSI menerima surat terkait pertemuan darurat AFC selaku Konfederasi Sepakbola Asia, yang membahas penyebaran virus corona, 2 Maret lalu, di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dari rapat itu, AFC telah memutuskan bahwa seluruh pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang diselenggarakan pada Maret, akan digeser ke Oktober, hingga November.

Dengan demikian, laga timnas Indonesia melawan Thailand yang telah dijadwalkan pada 26 Maret, ditunda menjadi 8 Oktober 2020. Sementara kontra Uni Emirat Arab (UEA) digeser ke 13 Oktober.

Selain itu, keputusan di atas juga turut memengaruhi jadwal partai menantang Vietnam, yang awalnya diadakan 4 Juni, bergeser ke 12 November. PSSI pun menerima dengan bijak keputusan ini.

“Timnas kita telah melakukan persiapan pada bulan lalu. Rencananya pertengahan Maret ini pun akan berkumpul kembali,” buka Moch. Iriawan, ketua umum PSSI, dikutip situs resmi PSSI.

“Tapi kita sama-sama memaklumi perkembangan terakhir di dunia, yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh pada aktivitas persepakbolaan. Bagaimanapun, kemanusiaan ada di atas segalanya.”

Jadwal Digeser
Dalam Emergency Meeting AFC di Kuala Lumpur, Malaysia, pekan ini, AFC memutuskan menunda tiga laga sisa Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G karena mengantisipasi merebaknya kasus virus corona atau COVID-19.

Laga lawan tuan rumah Thailand yang sedianya dihelat pada 26 Maret 2020, kini mundur ke tanggal 8 Oktober 2020. Lalu laga kandang menjamu Uni Emirat Arab yang sedianya dihela tanggal 31 Maret 2020, digeser menjadi tanggal 13 Oktober 2020.

Terakhir, laga tandang ke Vietnam yang sedianya dimainkan tanggal 4 Juni 2020 akan digeser menjadi tanggal 12 November 2020. Sementara itu, Indonesia sendiri sudah dipastikan tak lolos ke babak selanjutnya karena sudah menelan 5 kekalahan dari 5 laga yang sudah dijalani.

Bukan hanya laga Thailand vs Indonesia, semua pertandingan Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022, yang dijadwalkan berlangsung Maret dan Juni bakal diundur ke Oktober 2020 lantaran dampak Virus Corona. Pernyataan pengunduran penyelenggaraan pertandingan disebut Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri.

“Ya, semuanya di [ditunda jadi] bulan Oktober,” kata Cucu ketika dikonfirmasi soal pembatalan pertandingan Timnas Indonesia pada Maret dan Juni.

“Ditunda terkait kebijakan regulasi FIFA/AFC untuk penjadwalan ulang,” sambung Cucu melalui pesan singkat.

Sebelumnya, seluruh pertandingan kategori FIFA international match, termasuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang berlangsung Maret memang berpotensi dibatalkan terkait wabah virus Corona.

Presiden FIFA Gianni Infantino juga menyebut pembatalan pertandingan bulan Maret sangat mungkin terjadi demi alasan kemanusiaan.

Mengacu pada jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya, Tim Merah Putih bakal bertamu ke Thailand pada 26 Maret dan akan menjamu Uni Emirat Arab pada 31 Maret. Laga penutup Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022 sebelumnya dijadwalkan berlangsung melawan Vietnam pada 4 Juni.

Kendati sudah dipastikan tidak akan lulus ke fase selanjutnya, Timnas Indonesia masih berharap bisa mendapat poin setelah lima laga sebelumnya selalu menelan kekalahan. (GOAL/IDN/CNN)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.