Minggu, 20 September 20

Akibat Tak Ajukan Proposal, Masjid Tak Dapat Bantuan

Akibat Tak Ajukan Proposal, Masjid Tak Dapat Bantuan
* Salah satu masjid di Padang, Sumatera Barat.

Padang, Obsessionnews.com – Tidak semua masjid yang dikunjungi tim Safari Ramadhan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mendapat bantuan. Setiap bulan Ramadhan, tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar mengunjungi masjid. Ramadhan 1437 Hijriyah (H) lalu, 147 masjid di Sumbar dikujungi.

Kepala Biro Bina Sosial (Binsos) Sekretariat Daerah Pemprov Sumbar Syahril B mengatakan, dari jumlah mesjid yang dikunjungi, empat masjid tidak mendapat bantuan, karena pengurus tidak mengajukan proposal ke provinsi.

Dari 147 masjid yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan safari ramadhan, hanya 143 masjid di antaranya yang mengajukan proposal ke provinsi.

“Memang mesjid yang dikunjungi sebanyak 147 masjid. Namun ada sebahagian pengurus yang tidak mengikutsertakan proposal,” kata Syahril B saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (19/10/2016) siang.

Syahril mengatakan, batas waktu pengajuan proposal ditentukan selama 15 hari. Pihaknya juga sudah sering mengingatkan pengurus supaya melengkapi persyaratan administrasi. Namun hingga batas waktu yang ditentukan tidak diberikan.

Berdasar PP nomor 4 tahun 2016 tentang pencairan dana safari ramadhan, dananya baru bisa diberikan setelah ada proposal.
Pihaknya juga terpaksa menolak proposal yang diajukan pengurus mesjid karena diajukan sudah terlambat dari batas yang ditetapkan. Apabila proposal diterima bertentangan dengan aturan yang berlaku.

Pasca Ramadhan 1437 H hingga kini pencairannya belum bisa diakukan. Pemprov Sumbar masih menunggu hasil verifikasi di Mendagri. Sekalipun verfikasi sudah selesai, pencairannya belum bisa dilaksanakan dan urusannya harus melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Pencairan dana ini akan disalurkan langsung ke rekening masing-masing masjid, bukan rekening pribadi. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.