Rabu, 1 Desember 21

Akibat Rob, Kuburan Tambaklorok Tenggelam

Akibat Rob, Kuburan Tambaklorok Tenggelam

Semarang, Obsessionnews – Terletak di ujung kota Semarang, sebuah kompleks kuburan muslim berada dalam kondisi mengenaskan. Pasalnya, hampir separuh makam-makam hilang tertelan air rob dan ombak.

Obsessionnews.com mencoba memantau sendiri bagaimana suasana kuburan yang terletak dipojok wilayah Tambaklorok tersebut. Akses yang terendam air membuat peziarah musti berjalan kaki bila ingin berkunjung.

Bagian depan komplek makam, bisa dikatakan sudah hampir tidak berbentuk. Di sisi kiri makam, terlihat deretan bambu, tanda batas makam setahun lalu yang tertelan air laut. Sedangkan kuburan dekat pagar bambu kini telah lenyap.

Salah seorang warga sekitar, Ari Yuniar mengatakan air rob sudah berulang kali menggerus pemakaman, kurang lebih selama satu tahun terakhir.

“Sebelumnya belum pernah mas. Baru-baru satu tahun ini. Kalau dulu paling cuma tergenang,” kata dia kepada obsessionnews.com, Senin (13/6/2016).

makam tenggelam -

Akibat sering diterjang air pasang, tembok pembatas antara makam dengan muara pun hancur. Alhasil, lama kelamaan satu persatu kuburan ikut tergerus. Hingga kemudian sekarang, sebagian komplek pemakaman telah hilang.

“Ya kalau mayitnya sampai ngambang saya belum pernah lihat. Kayaknya sudah busuk kegerus air muara terus kebawa sampai laut,” jelas warga Tambakrejo ini.

Warga disekitar lokasi pun sudah paham soal makam ini. Begitu pula peziarah-peziarah yang datang. Meski begitu, kuburan ini tetap menjadi favorit bagi warga Tambaklorok dan sekitarnya selama bertahun-tahun.

“Yang makamin disini paling banyak dari Tambaklorok dan Tambakrejo. Tapi dari wilayah lain kadang ada yang kesini,” tandasnya.

Perlu ada perhatian serius dari pemerintah untuk menangani kuburan terendam rob, walaupun objek penanganan adalah sebuah jenazah. (ih)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.