Senin, 29 November 21

Akhirnya Pemerintahan Diswastakan, Jabatan Dirjen Dilelang

Akhirnya Pemerintahan Diswastakan, Jabatan Dirjen Dilelang

Akhirnya Pemerintahan Diswastakan, Jabatan Dirjen Dilelang
Oleh: Salamuddin Daeng

Setelah BUMN diprivatisasi dengan berbagai cara, sekarang giliran jabataan dalam pemerintahan akan dilelang ke swasta. Ternyata bagi bagi jabatan menteri, Direksi BUMN tidak memuaskan hati elite penguasa. Kini gliran jabatan Dirjen dalam kementerian akan dibagi bagi.

Sebagaimana diketahui bahwa Kementrian Keuangan (Kemenkeu) akan melakukan Lelang Jabatan (Open Biding) Dirjen Bea Cukai (BC). Lelang Jabatan(Open Biding) Dirjen BC dibuka utk TNI/Polri, Direksi BUMN, K/L, dengan demikian pihak swasta bisa masuk dalam jabatan jabatan ini.

Konon kabarnya Rini Soemarno sendiri yang meminta agar direksi BUMN dapat dikutkan dalam lelang jabatan. Sementara direksi BUMN tersebut adalah orang orang swasta. Sedangkan bagi pejabat Kemenkeu sendiri ditetapkan syarat yang berat, dimana salah satunya adalah harus menjabat di Eselon IIA nya selama 5 tahun yang secara internal berat.

Berarti memang jabatan dirjen diduga akan menjadi ajang bagi jabatan diantara tim sukses, partai pengusung, dll. Orang orang profesional termasuk agen agen asing sekarang akan dapat mengisi jabatan birokrasi negara. Demikian juga agen agen dari para pengusaha besar mafia pajak akan bisa langsung menduduki jabaatan strategis sebagai Dirjen Bea Cukai. Agen agen titipan para politisi akan menduduki jabatan Direnjen Bea Cukai.

Pengalaman dalam privatisasi, swastanisasi dan komersialisasi BUMN telah membawa BUMN dalam penguasaan asing dan utang luar negeri. Ke depan komersialisasi pemerintahan akan menjadikan pemerintahan Indonesia, mulai dari Presiden, Menteri, Dirjen, akan dikuasai kaki tangan asing. Mengapa tidak sekalian jabatan Panglima TNI, Kapolri dan jajarannya dilelang? Selamat bubarkan pemerintahan! [#]

*) Salamuddin Daeng – Pengamat Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) dan Peneliti The Indonesia for Global Justice (IGJ)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.