Jumat, 2 Desember 22

Akhir 2017 PT KAI Kantongi Laba Bersih Rp1,Triliun

Akhir 2017 PT KAI Kantongi Laba Bersih Rp1,Triliun
* PT KAI.

Jakarta, Obsessionnews.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus mendorong kinerja secara internal. Selain ketepatan waktu, revitalisasi sarana fisik stasiun dan akses saluran penjualan tiket juga diperbaiki. Pencapaian tersebut didukung kerja sama dengan perbankan nasional sehingga menghasilkan hasil positif.

Dalam catatan tahun 2017 ini, PT KAI bisa dibilang sudah banyak melakukan perubahan dalam rangka menyediakan alat transportasi yang aman, nyaman dan terjangkau. Misalnya tingkat ketepatan waktu keberangkatan kereta sekarang mencapai 96,6 persen, sedangkan kedatangan sekitar 95 persen.

Sejak pertengahan tahun 2016 sampai akhir 2017, perusahaan berupaya mengurangi intensitas gangguan agar kereta selalu berangkat atau tiba tepat waktu. Revitalisasi sarana fisik mulai gencar dilakukan sejak 2016. Interior semua stasiun di Indonesia dibuat sama. Nilai penjualan tiket kereta juga naik sebesar 16 persen.

Bahkan, perusahaan mencatat kinerja yang positif hingga kuartal III tahun 2017. Sampai bulan September 2017 lalu, perseroan dilaporkan mencapai pendapatan sekitar Rp 17 triliun dengan laba sebesar Rp 1,2 triliun. Terutama menjelang akhir tahun ini PT KAI juga yakin dapat mencetak pendapatan yang lebih, terutama bertepatan dengan Hari RayaNatal, Tahun Baru, dan juga momen libur sekolah.

Direktur Keuangan PT KAI Didiek Hartantyo mengungkapkan, bahwa pihaknya memiliki target pendapatan hingga Rp 19,49 triliun pada tahun 2017. Sementara itu, tahun 2016 lalu PT KAI berhasil meraup pendapatan hingga Rp 15,2 triliun. Sampai akhir tahun ini Didiek berharap laba PT KAI bisa mencapai angka Rp 1,6 triliun hingga Rp 1,7 triliun.

PT KAI juga melaporkan bahwa total aset yang dimiliki kini sudah mencapai Rp 27,5 triliun. Kenaikan laba perusahaan menurut Edi tidak lepas dari meningkatnya volume kereta api yang telah beroperasi hingga saat ini. Sejak beberapa waktu lalu PT KAI telah menambah sejumlah rangkaiankereta api, misalnya seperti KA Jayakarta Premium jurusan Jakata-Surabaya Gubeng pada September 2017.

Kenaikan laba KAI juga didukung oleh meningkatkan jumlah penumpang KRL. Volume penumpang commuter line mengalami kenaikan yang cukup signifikan dan saat ini menyentuh angka 1 juta penumpang per hari. Lalu ditambah sarana  pendukung seperti perpanjangan gerbong KRL yang dilakukan anak usaha KAI, PT KAI Commuter Indonesia juga diyakini mampu mendongkrak volume penumpang. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.