Kamis, 1 Desember 22

Akbar Tandjung Yakin Irman Menangkan Praperadilan

Akbar Tandjung Yakin Irman Menangkan Praperadilan
* Mantan Ketua DPR Akbar Tandjung.

Jakarta, Obsessionnews.com – Mantan Ketua DPR RI Akbar Tandjung merasa yakin Ketua DPD RI Irman Gusman yang kini diberhentikan dari jabatannya, tidak terlibat kasus korupsi seperti yang disangkakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Oleh karena itu, Akbar optimis Irman akan menang dalam gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. “Sudah ada yang lolos seperti Budi Gunawan, Hadi Purnomo, jadi dalam konteks itu ya Irman tentu punya peluang untuk lolos,” ujar Akbar di Pengadilan Negeri, Jakarta Selatan, Senin (31/10/2016).

Menurutnya, praperadilan diajukan karena yang bersangkutan merasa status penetapan tersangka oleh KPK dianggap salah dan tidak sesuai prosedur. Irman mempersoalkan uang Rp 100 juta yang dianggap suap oleh KPK.

Selain itu, Irman juga mempersoalkan tidak adanya surat penangkapan atas dirinya. Surat yang dibawa KPK saat itu merupakan surat penangkapan terhadap Xaveriandy Sutanto.

“Karena itu proses hukumnya memang tidak ada alasan yang kuat untuk dilakukannya penetapan penahanan dan juga mengatakan Irman sebagai tersangka. Kalau kita bisa membuktikan dengan dasar-dasar hukum yang kuat,  Insya Allah Irman juga punya peluang untuk lolos, tapi kita harus tetap menghormati proses hukum,” kata dia.

KPK menetapkan Irman sebagai tersangka bersama bersama Direktur CV Semesta Berjaya Xaveriandy Sutanto dan istri Xaveriandy, Memi. Uang yang diberikan ke Irman RP 1000 diduga menerima suap terkait pengurusan kouta impor gula. ‎(Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.