Selasa, 20 Oktober 20

AJB Bumiputra Kebumen Belum Bisa Memastikan 1.250 Klaim Nasabah Terbayarkan

AJB Bumiputra Kebumen Belum Bisa Memastikan 1.250 Klaim Nasabah Terbayarkan
* Kepala Cabang AJB Bumiputra, Kebumen, Jono Susilo. (Foto: Albar / OMG)

Kebumen, Obsessionnews.com – Bisnis asuransi yang dikembangkan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 kini dalam kondisi yang tidak sehat. Secara nasional, AJB Bumiputera tengah mengalami masalah likuiditas yang berdampak pada semua kantor cabang AJB Bumiputera di berbagai daerah.

Termasuk salah satunya adalah kantor cabang AJB Bumiputera Kebumen, Jawa Tengah. Banyak juga para nasabah dari Kebumen mengeluhkan kepada perusahaan karena telatnya klaim yang harus dibayarkan perusahaan kepada nasabah. Jumlahnya tidak hanya ratusan, melainkan ribuan.

Berdasarkan informasi langsung dari Kepala Cabang AJB Bumiputra, Kebumen, Jono Susilo mengatakan, setidaknya ada 1.250 nasabah di Kebumen yang mengajukan klaim pembayaran tahun ini, dengan total nilai yang harus dibayarkan Rp8 miliar.

Saat ditemui di ruang kerjannya, Kamis (17/9/2020), Jono mengatakan klaim nasabah tetap akan dibayar dengan sistem antrian. Artinya, nasabah dimohon untuk sabar menunggu antrian pembayaran karena diakui perusahaan memang dalam keadaan masalah.

“Klaim tetap akan dibayar tapi harus menunggu sistem antrian,” katanya kepada wartawan.

Namun saat ditanya kembali apakah nomor antrian nasabah sudah ditentukan, dan pasti dibayar. Jono lagi-lagi belum bisa memberikan kepastian klaim bisa dibayar dengan tepat waktu. “Kalau itu kami belum bisa memastikan kapan bisa terbayar,” jelasnya.

Jono hanya bisa menyampaikan permohonan maaf kepada para nasabah karena hak atas klaim mereka belum bisa dicairkan lantaran memang AJB Bumiputra tengah mengalami masalah likuiditas secara nasional, sehingga itu berdampak pada seluruh kantor AJB Cabang di berbagai daerah.

“Jadi kami terus terang minta maaf, kami juga merasa tidak enak kepada nasabah karena klaim mereka belum dibayar. Tapi ini memang sudah menjadi masalah nasional. Dan proses pembayaran ini juga tergantung pada pusat, sehingga cabang juga menunggu dari pusat,” jelasnya.

Jono meminta masyarakat agar tetap tenang, dan bisa memahami kondisi ini secara bijak. Ia yakin persoalan ini akan bisa diselesaikan, dan semua klaim itu akan dibayarkan semua oleh AJB Bumiputra. Hanya memang nasabah dimohon untuk sabar menunggu sampai situasi kembali normal.

Meski AJB Bumiputra tengah mengalami masalah, Jono mengatakan, kantor cabang tetap melayani kebutuhan para nasabah seperti biasa. Jam kantor buka dibatasi hanya sampai pukul 12.00 WIB karena covid-19. Dan perusahaan kata dia, juga tetap mencari nasabah untuk mau berasuransi di AJB Bumiputra.

“Selama diizinkan dan tidak ada larangan oleh OJK, kami tetap masih jalan,” jelasnya.

Lebih lanjut saat ditanya kembali mengenai solusi apa yang kira-kira tetap untuk menjawab kegelisahan para nasabaha, Jono tidak bisa menjawab, karena ia merasa itu bukan menjadi kapasitasnya untuk menjawab pertanyaan itu. “Kalau itu bukan kapasitas saya,” tandasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.