Selasa, 15 Oktober 19

Airlangga Tetap Rangkap Jabatan?

Airlangga Tetap Rangkap Jabatan?
* Ketua Umum Partai Golkar, sekaligus Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Jakarta, Obsessionnews.com – Posisi Airlangga Hartarto dalam Kabinet Kerja hingga saat ini masih aman. Nama Airlangga tidak termasuk dalam jajaran menteri yang terkena reshuffle oleh Presiden Jokowi.

Maka dengan demikian Airlangga saat ini merangkap dua jabatan. Ia belum lama ini ditunjuk sebagai Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Setya Novanto yang terjerat kasus korupsi proyek e-KTP.

Sesaat setelah dilantik sebagai Presiden pada 2014, Jokowi menolak sejumlah pimpinan partai politik masuk jajaran Kabinet Kerja, dengan alasan tidak mau adanya rangkap jabatan. Ia menilai rangkap jabatan tidak akan efektif.

Nama-nama seperti Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh pun akhirnya batal jadi menteri.

Sementara Sutiyoso yang saat itu menjabat sebagai Ketum PKPI memutuskan melepas jabatannya setelah ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), sebelumnya akhirnya diganti oleh Budi Gunawan.

Begitu juga Wiranto yang saat itu menjadi Ketua Umum Partai Hanura memilih mundur saat ditawarkan jabatan Menko Polhukam oleh Presiden Jokowi menggantikan Luhut Binsar Panjaitan.

Lalu bagimana selanjutnya sikap Presiden Jokowi soal Airlangga yang saat ini rangkap jabatan? Akankah Airlangga akan didepak dari posisi Menteri Perindustrian atau tetap dipertahankan dalam Kabinet Kerja?

“Itu sepenuhnya prerogatif beliau (Presiden Jokowi),” ungkap Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/1/2018). (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.