Jumat, 29 Oktober 21

Airlangga Sebut Sinyal Positif Pemulihan Ekonomi Nasional Telah Terlihat di Triwulan IV-2020

Airlangga Sebut Sinyal Positif Pemulihan Ekonomi Nasional Telah Terlihat di Triwulan IV-2020
* Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Sumber foto: ekon.go.id)

Jakarta, obsessionnews.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut sinyal positif pemulihan ekonomi nasional telah terlihat di Triwulan IV-2020. Meskipun ekonomi Indonesia terkontraksi sebesar -2,07% di tahun 2020, namun pada Triwulan IV-2020 hanya terkontraksi sebesar -2,19% (yoy) yang artinya membaik dari Triwulan sebelumnya.

 

Baca juga:

Kementerian BUMN Dorong BTN Jadi Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional

Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional, LPDB-KUMKM Akan Aktif Jemput Bola

Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional, Pegadaian Bebaskan Bunga 1,9 Juta Nasabah

 

“Angka ini menunjukkan bahwa pemulihan ekonomi Indonesia sudah on track. Perbaikan kondisi ini tentu saja tidak terlepas dari intervensi yang dilakukan oleh pemerintah,” kata Airlangga dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (5/2/2021).

Pertumbuhan konsumsi pemerintah mencapai 1,76% (YoY). Realisasi Program PCPEN sebesar Rp 579,78 T dan realisasi APBN yang mencapai 94,6% berhasil meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk melakukan konsumsi. Hal ini mengakibatkan konsumsi RT hanya terkontraksi sebesar -3,61% (YoY) yang berarti tumbuh positif sebesar 0,49% (QtQ) dibandingkan Triwulan sebelumnya.

Di saat yang sama produsen merespons perbaikan permintaan domestik dengan meningkatkan investasi, sehingga PMTB Triwulan IV hanya terkontraksi sebesar -6,15% (YoY), lebih baik dibandingkan Triwulan sebelumnya -6,48% (YoY).

“Berbagai sektor usaha mulai mengalami perbaikan kinerja akibat membaiknya permintaan domestik. D isaat yang sama, optimisme pemulihan permintaan global juga mendorong peningkatan sektor usaha dalam negeri, seperti industri pengolahan dan pertanian,” ujar Airlangga.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.