Kamis, 26 Mei 22

Airlangga: Kehadiran Smelter di Konawe Buka Lapangan Kerja Sebanyak 27 Ribu Tenaga Kerja

Airlangga: Kehadiran Smelter di Konawe Buka Lapangan Kerja Sebanyak 27 Ribu Tenaga Kerja
* Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (27/12/2021). (Foto: FB Airlangga Hartarto)

Jakarta, obsessionnews.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (27/12/2021). Berikut penuturan Airlangga dalam keterangan tertulisnya:

Senin hari ini saya mendampingi Bapak Presiden Joko Widodo berkunjung di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara untuk meninjau pabrik ferronickel dan stainless steel serta meresmikan Pabrik Smelter PT Gunbuster Nickel Industri.

 

 

Smelter Nikel ini berlokasi di Kawasan Virtue Dragon Nikel Industri Park dengan nilai investasi mencapai USD 15,7 miliar dengan kapasitas ferronickel yang dihasilkan mencapai 969 ton per tahun.

Kehadiran smelter ini merupakan ‘lompatan’ yang luar biasa. Memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar perusahaan dengan membuka lapangan kerja sebanyak 27 ribu tenaga kerja.

Selain itu juga meningkatkan pendapatan daerah dan pajak negara, menambah devisa negara atas produk olahan smelter serta memberikan nilai tambah ekspor stainless steel yang diperkirakan pada tahun ini sebesar USD 20,8 miliar. Tentunya hal ini juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Sebagaimana disampaikan oleh Bapak Presiden, keberadaan smelter dengan kapasitas produksi 1,8 juta ton per tahun in akan meningkatkan nilai tambah hingga 14 kali lipat dibandingkan bahan mentah nikel. Pembangunan smelter nikel ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah untuk menghentikan ekspor bijih nikel dan mendorong hilirisasi industri.

Turut hadir dalam kegiatan ini Menteri Perindustrian Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Sekretaris Kabinet Bapak Pramono Anung, Menteri Investasi Bapak Bahlil Lahadalia, Kepala Polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Sulawesi Tenggara Bapak Ali Mazi, Gubernur Sulawesi Tengah Bapak Rusdi Mastura serta Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dan Bupati Morowali Utara Delis Jurkason Hehi.

Terima kasih, salam. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.