Minggu, 27 November 22

Airlangga Hartarto: Presidensi G20 Indonesia Momentum yang Bersejarah untuk Kita Semua

Airlangga Hartarto: Presidensi G20 Indonesia Momentum yang Bersejarah untuk Kita Semua
* Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di acara Opening Ceremony Presidensi G20 Indonesia, Rabu (1/12/2021) malam. (Foto: IG @airlanggahartarto_official)

Jakarta, obsessionews.com – Dari Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu (1/12/2021) malam, Opening Ceremony Presidensi G20 Indonesia digelar secara resmi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, momentum ini merupakan peristiwa yang bersejarah untuk kita semua.

“Indonesia mendapatkan kepercayaan dan kehormatan menerima tampuk keketuaan G20 yang merupakan kumpulan 20 negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia selama satu tahun ke depan,” tutur Airlangga, dikutip dari akun Instagramnya, @airlanggahartarto_official, Kamis (2/12/2021).

 

Baca juga:

Airlangga: Pemerintah Memutuskan PPKM Diperpanjang Selama Dua Minggu ke Depan

Airlangga: Saya Yakin Kolaborasi yang Baik Dapat Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Kita

Airlangga Ungkapkan Arab Saudi Telah Berikan Sinyal Buka Kembali Umrah dan Haji

 

 

 

Dalam kegiatan tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato sambutan sebagai penanda awal Keketuaan Indonesia di G20.

Hadir secara langsung Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus, Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

 

 

“Seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo dalam sambutannya, Presidensi G20 Indonesia tidak sebatas seremonial belaka. Kita harus mendorong negara-negara G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata. Siap berkolaborasi dan menggalang kekuatan serta semangat kebersamaan, sehingga masyarakat dunia secara keseluruhan dapat merasakan dampak positif dari kerja sama ini,” tutur Airlangga.

Dengan mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger” diharapkan agar dunia dapat keluar dari krisis dengan lebih baik dan lebih tangguh.

“Kita tentunya akan menggunakan Presidensi G20 ini untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan negara-negara berkembang, sehingga dapat tercipta tata kelola dunia yang lebih adil dan bersolidaritas,” ujar Airlangga.

Menurutnya, pelaksanaan Opening Ceremony Presidensi G20 tadi malam berlangsung meriah. Berbagai pagelaran seni dan budaya nusantara dijalankan tentunya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Terima kasih untuk seluruh pihak yang terlibat. Mari kita jadikan Presidensi G20 Indonesia 2022 ini sebagai kesempatan bagi negara dan bangsa Indonesia untuk berkontribusi lebih besar bagi pemulihan ekonomi dunia, serta sebagaimana disampaikan oleh Bapak Presiden tadi malam, membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih adil, dan berkelanjutan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial,” kata Airlangga. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.