Minggu, 29 Mei 22

Air Kelapa Bisa Kuatkan Imun/Kekebalan Tubuh dan AntiVirus

Air Kelapa Bisa Kuatkan Imun/Kekebalan Tubuh dan AntiVirus
* Ilustrasi air kelapa. (Foto: Halodoc)

Ternyata, air kelapa bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun/kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Air kelapa juga mengandung zat antivirus sehingga cocok dikonsumsi saat pandemi virus

Fusion (perpaduan) dari air kelapa dan lemon juga cocok sekali untuk membantu menguatkan sistem imunitas/kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan kandungan protein yang terdapat dalam air kelapa tak kalah banyaknya dengan protein yang terkandung dalam satu gelas susu, seperti yang dilansir dari dailyhealthpost.com. Banyaknya jumlah protein yang masuk ke dalam tubuh berbanding lurus dengan kekebalan sistem imunitas tubuh.

Dikutip dari jurnal kesehatan NCBI di ncbi.nlm.nih.gov, air kelapa mengandung zat antibakteri dan antivirus sehingga berfungsi sebagai penawar racun. Sementara itu, lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh. Apabila dua bahan ini dicampur atau dijadikan fusion, maka akan memiliki manfaat yang lebih berlipat ganda.

Situs resmi Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma menyebutkan, air kelapa memiliki komposisi gizi dan nutrisi yang cukup baik. Sudah banyak penelitian menyebutkan air kelapa dapat membantu meredakan berbagai masalah kesehatan.

Untuk lebih mengetahui khasiatnya, berikut manfaat dari air kelapa untuk kesehatan tubuh.

Sumber nutrisi yang baik

Dikutip dari Healthline, air kelapa bisa dikatakan sebagai salah satu sumber nutrisi yang diperkaya dengan mineral yang baik bagi tubuh.

Dalam segelas air kelapa (240 ml) terdapat beragam kandungan seperti;

● Karbohidrat: 9 gram

● Serat: 3 gram

● Protein: 2 gram

● Vitamin C: 10% dari RDI

● Magnesium: 15% dari RDI

● Mangan: 17% dari RDI

● Kalium: 17% dari RDI

● Sodium: 11% dari RDI

● Kalsium: 6% dari RDI

Menjaga imunitas tubuh

Banyak penelitian menyebutkan banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat di air kelapa asli dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Dikutip dari Healthline, antioksidan yang terdapat di air kelapa dapat melawan radikal bebas.

Hal tersebut bisa terjadi karena air kelapa membuat tubuh terhidrasi, dan tubuh dengan asupan cairan yang cukup mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Melansir dari Baptist Health, saat seseorang mengalami dehidrasi, tubuh akan kesulitan menjalankan proses ekskresi (membuang zat sisa metabolisme dan racun) sehingga membuat tubuh rentan terhadap infeksi.

Oleh karena itu, konsumsi air kelapa secara rutin sangat dianjurkan karena membuat tubuh terhidrasi, sehingga meningkatkan sistem imun dan menjadikan tubuh kebal dari berbagai infeksi virus.

Berperan sebagai antibakteri dan antivirus

Melansir Klikdokter, dr. Karunia Ramadhan menyebutkan bahwa air kelapa mengandung tanin. Tanin bersifat antibakteri dan dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh.

Air kelapa, menurut Jurnal Nutritional Health Benefit of Coconut (Cocos Nucifera) Water, juga mengandung Lauric Acid yang memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus, serta mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Fusion air kelapa dan lemon bisa digunakan untuk detoks, proses pembuangan toksin dalam tubuh kita. Seperti yang dilansir dari the superfoods.net, fusion ini merupakan sumber beragam mineral, vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, asam folat, biotin, riboflavin, dan sebagainya.

Unsur karbon dalam fusion ini adalah glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lain-lain, sedangkan unsur nitrogen berupa protein, sehingga baik untuk diet. (*/Red)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.