Jumat, 22 Oktober 21

Ahok Tantang Majukan April, Dapat Sejuta KTP

Ahok Tantang Majukan April, Dapat Sejuta KTP
* Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Foto: Edwin Budiarso/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews – Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok rupanya masih menaruh harapan besar kepada komunitas relawan Teman Ahok yang berjuang mengumpulkan sejuta KTP untuknya. Gubernur DKI Jakarta ini membutuhkan dukungan sejuta KTP untuk maju sebagai calon gubernur melalui jalur independen pada Pilkada DKI Februari 2017 mendatang. (Baca: Ahok Ungkapkan Bergabung dengan PDI-P)

Tawaran PDI-P yang akan mengusungnya sebagai cagub sempat membuat Ahok bimbang, apakah akan memilih jalur partai atau jalur independen. Masalahnya, dukungan PDI-P itu bersyarat, yakni PDI-P mau mendukungnya asalkan Ahok tidak bersama Teman Ahok. Atau dengan kata lain PDI-P tidak mau mendukung Teman Ahok. Alasannya, PDI-P mampu mengusung calon sendiri. (Baca: Ini Tanggapan Teman Ahok tentang Wacana PDI-P Usung Ahok)

Ahok sempat mengatakan kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (25/2/2016) sore, ia ingin maju melalui jalur partai dengan dukungan PDI-P. Bahkan ia menyarankan Teman Ahok bergabung dengan PDI-P.

Namun, sehari kemudian, Jumat (26/2), Ahok berubah pikiran lagi. Ia ingin tetap bersama Teman Ahok. Ahok menantang Teman Ahok mendapat sejuta KTP pada April 2016, maju sebulan dari target Mei. (Baca: Muda-Mudi Nasdem Dukung Gerakan Sejuta KTP Untuk Ahok)

“Saya sudah tentukan sikap dari awal, kalau kamu (Teman Ahok) bisa kumpulkan 1 juta, saya akan ikut kalian, partai silakan dukung,” kata Ahok kepada wartawan di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (26/2/2016).

Ahok mensyaratkan paling tidak 1 juta KTP terkumpul di bulan April. (Baca: Jakarta Butuh Sosok Pemberani Seperti Ahok)

Semula ditargetkan sejuta KTP dapat diperoleh pada Mei. Dan jika hal itu terealisasi, maka di bulan tersebut Ahok akan resmi mendeklarasikan sebagai cagub independen. (Baca: Duet Ahok-Samad Bikin Ngeri Koruptor)

Namun, situasi tiba-tiba berubah gara-gara muncul tawaran dari PDI-P yang akan mendukungnya dengan syarat Ahok meninggalkan Teman Ahok. PDI-P akan mendeklarasikan cagub dan cawagub pada April. Belum diketahui siapa yang akan diusung oleh PDI-P. Namun kemungkinan besar PDI-P akan mengusung Ahok dan Djarot Saiful Hidayat, politisi PDI-P yang saat ini menjabat Wagub DKI. (Baca: Dukungan Untuk Ahmad (Ahok-Samad) Terus Mengalir dari Netizen)

Tantangan Ahok kepada Teman Ahok untuk meraih sejuta KTP pada April, tampaknya merupakan sinyal ia ingin tetap maju lewat jalur independen. Ini berarti jika April tercapai sejuta KTP Ahok akan mendahului PDI-P dalam mendeklarasikan cagub.

Sejak Juni 2015 Teman Ahok bermanuver mengumpulkan sejuta KTP. Jumlah total KTP yang telah terkumpul hingga Kamis (26/2/2016) mencapai 735.316 KTP. Para relawan yang terdiri dari anak-anak muda itu harus bekerja ekstra keras lagi mengumpulkan sejuta KTP agar tercapai pada April seperti yang diinginkan Ahok.

Sementara itu di kalangan netizen terjadi pro dan kontra. Ada yang menginginkan Ahok maju lewat jalur independen, dan ada pula yang mendukungnya maju lewat partai. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.