Kamis, 9 Desember 21

Ahok Mau Independen atau Pakai Kendaraan Parpol? (Bagian 4 – Selesai)

Ahok Mau Independen atau Pakai Kendaraan Parpol? (Bagian 4 – Selesai)
* Ahok bersama warga dalam sebuah acara.

Jakarta, Obsessionnews.com – Ahok dilanda kerisauan yang luar biasa. Pasalnya, keinginannya untuk maju di Pilkada DKI 2017 diganjal oleh revisi UU Pilkada. Hasil revisi UU Pilkada yang disahkan DPR beberapa waktu lalu itu memperketat proses verifikasi data KTP yang digunakan oleh calon independen. Aturan itu terdapat dalam pasal 48 pada UU Pilkada.

Pasal 48 ayat (3) menyebutkan, verifikasi faktual dilakukan paling lama 14 hari terhitung sejak dokumen syarat dukungan pasangan calon perseorangan diserahkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS). Adapun pasal 48 ayat (3b) menyebutkan, verifikasi faktual terhadap dukungan pasangan calon yang tidak dapat ditemui pada saat verfikasi faktual, pasangan calon diberikan kesempatan untuk menghadirkan pendukung calon yang dimaksud ke kantor PPS paling lambat tiga hari terhitung sejak PPS tidak dapat menemui pendukung tersebut.

Sementara itu Teman Ahok menyerahkan sepenuhnya kepada Ahok apakah akan maju lewat jalur independen atau memakai kendaraan parpol.

Hasil survei yang dilakukan Populi Center menunjukkan 42 persen masyarakat tak masalah bila Ahok maju di Pilkada DKI lewat jalur independen atau parpol. Tetapi, secara spesifik 33,2 persen masyarakat memilih Ahok maju lewat jalur independen, sembilan persen memilih Ahok maju lewat partai dan 15,8 persen menjawab tidak tahu.

Faktor tingginya masyarakat menganggap sama saja jalur yang dipilih Ahok itu karena ia telah mengantongi cukup dukungan.

“Kalau misalnya Ahok maju independen sudah ada satu juta KTP siap diajukan verifikasi. Kalau lewat jalur parpol, sudah ada tiga partai untuk mendukung. Jadi tidak perlu menunggu PDI-P lagi,” kata peneliti Populi Center, Nona Evita, di Jakarta, Kamis (23/6/2016).

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka di 6 wilayah DKI dari 10 Juni 2016 – 15 Juni 2016. Besaran sampel 400 responden dan dipilih secara acak bertingkat. Margin of error kurang lebih 4,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Jadi, Ahok akan pilih jalur independen atau jalur parpol? (arh, @arif_rhakim)

Baca Juga:

Ahok Mau Independen atau Pakai Kendaraan Parpol? (Bagian 3)

Ahok Mau Independen atau Pakai Kendaraan Parpol? (Bagian 2)

Ahok Mau Independen atau Pakai Kendaraan Parpol? (Bagian 1)

Mengejutkan! Dhani Minta MUI Haramkan Ahok Masuk Masjid

Teman Ahok Akan Gelar Rekapitulasi Sejuta KTP

Teman Ahok Tidak Lagi Ngotot Ahok Harus Lewat Independen

Habibiburokhman Posting Tulisan ‘Selamat Atas Terkumpulnya 1 Juta KTP Bodong’

Survei Populi Center: Sama Saja Ahok Lewat Jalur Independen atau Parpol

KoinHoki Dukung Ahok Maju Lewat Jalur Independen

Habiburokhman Terjun dari Monas, Rakyat Jakarta Gelar Syukuran

Habiburokhman: Ahok Bisa Jadi Tersangka Kasus Reklamasi

 

 

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.