Jumat, 22 Oktober 21

Ahok Diperiksa Bareskrim Jadi Saksi dalam Kasus UPS

Ahok Diperiksa Bareskrim Jadi Saksi dalam Kasus UPS
* Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Foto: Edwin Budiarso/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews – Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diperiksa oleh penyidik Bareskrim Mabes Polri Kamis (25/2). Ahok diperiksa oleh Bareskrim untuk dimintai keterangannya sebagai saksi dalam kasus korupsi UPS.

“Jadi ini ternyata untuk jadi saksi daripada anggota DPRD. Saya sudah pernah jadi saksi untuk Alex Usman, sekarang (jadi saksi) untuk Firman sama Fahmi,” ujar Ahok di Bareskrim, Jakarta Selatan, Kamis (25/2/2016).

Menurutnya, pertanyaan itu mirip dengan pertanyaan yang dulu yaitu seputar KUPPAS dan TPAD. Dia juga mengungkapkan, dalam kasus ini bukanlah kelalaian pemerintah. “Waktu itu kan belum ada e-budgeting pastilah kecolongan tapi setelah ada e-budgeting jadi kan berantem dua pihak. Jadi bukan lalai ya,” tegasnya.

Seperti diketahui, keperluan pwnyidik Bareskrim memeriksa Ahok adalah untuk melengkapi berkas milik F yang tak lain adalah anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta Fahmi Zulfikar. Dalam kasus ini ada empat tersangka. Mereka adalah Alex Usman yang sudah diajukan ke meja hijau. Lalu Fahmi Zulfikar dan M. Firmansyah yang merupakan mantan Ketua Komisi E periode 2009-2014, dan Zaenal Soleman.

Kasus UPS ini, diduga merugikan negara Rp 50 miliar itu, melibatkan tiga serangkai dalam kasus ini. Yaitu legislatif, eksekutif, dan distributor atau vendor, berkolaborasi untuk memasukan proyek UPS di APBDP untuk sekolah-sekolah di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat senilai Rp 300 miliar yang kemudian diketahui di-mark up hingga Rp 50 miliar itu. Beberapa nama penting telah diperiksa dalam kasus ini. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.