Kamis, 11 Agustus 22

Ahok Cerminan Sosok Gus Dur Masa Kini

Ahok Cerminan Sosok Gus Dur Masa Kini
* Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memberikan keterangan kepada wartawan seusai diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (12/4/2016). (Foto: Edwin Budiarso/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat ini dalam posisi sulit. Ia dikepung oleh lawan-lawan politiknya dari berbagai penjuru. Kendati demikian Ahok tak menyerah. Ia terus melakukan perlawanan.

Berbagai cara dilakukan oleh lawan-lawannya untuk menghentikan Ahok sebagai gubernur di tengah jalan. Dan sekaligus menghentikan langkahnya maju di Pilkada DKI 2017. Ia antara lain diserang dengan kasus pembelian lahan Rumah Sakit (RS) Sumber Waras, Grogol, Jakarta Barat, yang diduga merugikan negara sebesar Rp191,33 miliar.

Dalam kasus Sumber Waras   atau Ahok telah diminta keterangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI pada November 2015 dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Selasa (12/4/2016).  Yang menarik Ahok diperiksa selama 12 jam oleh KPK.

Saat itu lawan-lawan politiknya berharap setelah diperiksa Ahok akan memakai rompi orange alias rompi tahanan KPK. Namun, harapan itu tak menjadi kenyataan. Setelah diperiksa Ahok tetap berbaju batik tanpa rompi orange! Meski kelelahan Ahok memberikan keterangan kepada wartawan terkait pemeriksaan dirinya oleh KPK.  Bahkan dalam kesempatan itu ia mengecam BPK yang tak akurat dalam mengaudit kasus RS Sumber Waras.

Berbicara blak-blakan itu ciri khas Ahok. Sejumlah kalangan menyebutnya Ahok cerminan Presiden keempat RI periode 1999-2001 KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

“Kita tentu masih ingat dengan sosok Gus Dur. Tindakan Gus Dur yang berani, tegas, dan bicaranya blak-blakan, membuat pihak status quo ketar-ketir,” ,” kata Sansulung Darsum, fasilitator Kolisi Indonesia Hoki (KIH)  ketika dihubungi Obsessionnews.com Kamis  (21/4/2016).

Menurut Darsum, tidak ada jalan lain untuk menghentikan reformasi yang dilaksanakan oleh Gus Dur tanpa tedeng aling-aling tersebut. Hanya ada satu jalan untuk menghentikannya, yaitu melengserkannya dengan isu korupsi.

“Apakah kita lebay mengidentikkan Ahok dengan Gus Dur? Kenyataannya, bukan kita yang lebay, justru pihak keluarga Gus Dur yang menobatkan Ahok sebagai sosok cerminan Gus Dur pada masa kini!” katanya.

Mewakili keluarga Gus Dur, Yenny Wahid mengumumkan terpilihnya Ahok sebagai penerima Gus Dur Award 2016 dalam kategori Tokoh Pemerintahan dan Politik di Jakarta, Minggu (24/1/2016).

“Kenapa orang ini terpilih? Karena dia pemberani dan tegas, selaras dengan salah satu nilai Gus Dur tentang sikap ksatria,” ujar putri Gus Dur tersebut.

Tokoh tersebut merupakan sosok pejuang anti-korupsi yang selalu mengupayakan pelayanan publik yang baik. Selain itu, dia juga dinilai tegas kepada pengusaha yang tamak. Menurut Yenny, semua itu merupakan cerminan sifat Gus Dur.

“Ada satu lagi kesamaan tokoh ini dengan Gus Dur, yaitu dia banyak omong. Tetapi, sayangnya, dia bukan Gus Dur, jadi kita harus ingatkan untuk ngerem sedikit karena kita sayang sama dia. Inilah Basuki Tjahaja Purnama,” kata Yenny. (arh, @arif_rhakim)

Baca Juga:

Duh! Habiburokhman Tuding Ahok Dibenci Rakyat

Kasus Sumber Waras Bertujuan Jatuhkan Ahok

Ini Reaksi Pendukung Ahok Ditantang Lieus

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.