Minggu, 25 September 22

Ahli Ingatkan Herbal Bukan untuk Obat Penyembuh Corona

Ahli Ingatkan Herbal Bukan untuk Obat Penyembuh Corona
* Obat herbal. (Foto: Helo dokter)

Jakarta, Obsessionnews.com – Banyak orang kini ramai memburu ramuan herbal seperti jamu, menyusul dengan meningkatnya jumlah pasien positif corona atau Covid-19. Mereka beranggapan herbal bisa menyembuhkan virus corona.

Namun, menurut Sport Nutritionist and Disease Prevention, Emilia Achmadi MS RDN, hal ini belum ada pembuktiannya. Obat herbal seperti jamu kata dia, hanya bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Masyarakat perlu mengetahui bahwa herbal belum terbukti secara klinis dapat menyembuhkan penyakit,” kata Emilia dalam pesen tertulisnya, Sabtu (21/3).

Emilia mengakui bahwa herbal berkhasiat dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh jika dikonsumsi secara rutin dan teratur, serta diolah dengan baik dan benar. Dengan demikian, daya tahan tubuh pun menjadi lebih kuat dan kita tidak mudah terinfeksi virus penyebab penyakit.

Ini selaras dengan apa yang disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam situs resminya. Pengobatan tradisional mungkin meringankan gejala Covid-19, tetapi belum ada penelitian yang menunjukkan pengobatan tersebut dapat mencegah atau menyembuhkan penyakit akibat Covid-19.

Fakta di lapangan pun demikian. Pasien yang sembuh dari penyakit Covid-19 selalu dikaitkan dengan daya imunitas atau kekebalan tubuh yang baik dalam melawan virus jahat tersebut.

Namun, kata Emilia, sistem imunitas yang baik dalam proses penyembuhan itu berlaku pada semua jenis penyakit, tidak hanya Covid-19.

Oleh sebab itu, memang penting untuk menjaga kesehatan diri dan imunitas tubuh tetap dalam keadaan baik agar kita tidak mudah jatuh sakit; atau jika memang jatuh sakit, tubuh bisa segera pulih kembali.

“Konsumsi herbal itu kita fokus dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Ya, walaupun banyak aspek selain minum obat yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh kita,” ujar dia. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.