Rabu, 29 Maret 23

Agus-Sylvi Dapat Dukungan Terbanyak di Medsos

Agus-Sylvi Dapat Dukungan Terbanyak di Medsos
* Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni

Jakarta, Obsessionnews.comPelaksanaan Pilkada serentak 2017 telah melalui berbagai tahapan, sehingga pada 15 Februari 2017 nanti, tahapan berikutnya yakni pemungutan dan penghitungan suara. Untuk di Pilkada DKI Jakarta sendiri diikuti oleh tiga pasangan calon (paslon).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah DKI Jakarta secara resmi mengumumkan pembagian nomor urut dalam Pilkada DKI Jakarta. KPU menyatakan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni (Agus-Sylvi) mendapat nomor urut 1. Sedangkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat mendapat nomor urut 2,  dan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mendapat nomor urut 3.

Dari ketiga paslon itu, pasangan Agus-Sylvi yang mendapatkan dukungan terbanyak dari netizen  di media sosial (medsos). Hal itu dapat dilihat dari munculnya tagar atau hastag  #BersatuUtkAgusSylvi pada Senin (23/1/2017) pukul 14.48 WIB. Selain itu, elektabilitas Agus-Sylvi dari berbagai lembaga survei mengalahkan lawan-lawannya.

Berikut hasil survei elektabilitas pasangan Agus-Sylvi yang mengungguli lawan-lawannya.

LSI Denny JA mengeluarkan survei terbaru Desember 2016 ini. Hasilnya, sebanyak 33,6 persen responden survei LSI Denny JA memilih pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni (Agus-Sylvi) jika Pilkada DKI Jakarat dilakukan saat ini.

Berada di urutan kedua, pasangan Basuki Tjahaja PurnamaDjarot Saiful Hidayat dengan dukungan 27,1 persen, dan ketiga pasangan Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno (Anies-Sandi) memperoleh dukungan 23,6 persen. Pemilih yang belum memutuskan (undecided voters) sebesar 15,70 persen.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) juga melakukan survei Pilkada DKI 2017 pada Desember 2016. Hasilnya, sebanyak 31,8 responden LSI memilih Ahok-Djarot jika Pilkada DKI Jakarta dilakukan saat ini.

Agus-Sylviana didukung oleh 26,5 persen responden, sementara Anies-Sandiaga berada di urutan ketiga dengan dukungan 23,9 persen. Adapun responden yang belum memutuskan sebesar 17,8 persen.

Kemudian, pada November 2016, ada survei Indikator yang menyebut elektabilitas Agus-Sylvi sudah berada di angka 30,4 persen saat ini. Pasangan Ahok-Djarot berada di urutan kedua dengan eletabilitas 26,2 persen. Pasangan nomor tiga, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, disebut berada pada urutan ketiga dengan elektabilitas 24,5 persen.

Masih pada bulan November 2016, lembaga survei Poltracking Indonesia merilis elektabilitas Agus-Sylvi sebesar 27,29 persen, elektabilitas pasangan Ahok-Djarot sebesar 22 persen. Adapun pasangan Anies-Sandi memiliki elektabilitas mencapai 20,42 persen. Sebanyak 29.66 persen pemilih masih belum memilih.

Lalu, ada survei Charta Politika di bulan November yang menyebut Agus-Sylvi memperoleh 29,5 persen jika Pilkada digelar hari ini. Disusul Ahok-Djarot yang memperoleh 28,9 persen dan Anies-Sandiaga yanh memperoleh 26,7 persen. Sementara yang belum menentukan pilihan atau swing voters sebanyak 14,9 persen.

Paling akhir ada survei Litbang Kompas yang hasilnya menunjukkan elektabilitas Agus-Sylvi paling tinggi, yakni 37,1 persen. Posisi itu dibayangi ketat oleh pasangan Ahok-Djarot yang mendapat 33 persen responden.

Di posisi ketiga pasangan Anies-Sandiaga dengan potensi keterpilihan 19,5 persen. Responden yang belum menentukan pilihan tercatat sebesar 10,4 persen.

Anda penasaran? Simak komentar para netizen melalui akun Twitter berikut ini :

@ododio12: senengnya pendukung ndak lengah, walaupun dukungan meluas kita tetap bersatu dukung no1 #BersatuUtkAgusSylvi

@ETasdid:  Karena kita #BersatuUtkAgusSylvi @SohibAHY siap mengemban tugas mengawal plikada jkt thd adanya kecurangan perolehan suara di seluruh TPS

‏@Abaaah: Mari selamatkan generasi muda kita dengan memilih pemimpin yg santun, berprestasi agar jadi teladan kebaikan buat mrk #BersatuUtkAgusSylvi

@eza_a000: AHY mengajak semua warga Jakarta agar menghormati perbedaan di tengah masyarakat #BersatuUtkAgusSylvi

‏@fikarbayu: Kita bangga dlm perjuangan ini krn senantiasa dibimbing & disemangati mas @AgusYudhoyono & mpok @Sylviana_murni. #BersatuUtkAgusSylvi

‏@FN_tanto24: Mas @AgusYudhoyono mengajak kita utk meyakinkan seluruh warga Jakarta agar memilih nomor SATU. #BersatuUtkAgusSylvi. (Purnomo)

Sumber

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.