Rabu, 8 Juli 20

Agus Susanto Memberikan Layanan Paripurna kepada Pekerja Indonesia

Agus Susanto Memberikan Layanan Paripurna kepada Pekerja Indonesia
* Direktur Utama BPJAMSOSTEK Agus Susanto. (Foto: Edwin B/Men’s Obsession)

SEPANJANG tahun 2019 Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) sukses membukukan kinerja gemilang pada beberapa indikator kinerja, seperti kepesertaan, pelayanan, dan pengelolaan dana. Hal ini tak lepas dari tangan dingin Agus Susanto, Sang Direktur Utama.

T otal 55,2 juta pekerja atau mencakup 60,7 persen dari seluruh pekerja Indonesia yang eligible sebagai peserta, telah terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK hingga akhir Desember 2019. Hasil ini merupakan pencapaian yang positif untuk menutup tahun 2019, yakni tumbuh 9,1 persen dari tahun 2018. Dari sisi penambahan perusahaan atau pemberi kerja, capaian yang diraih oleh BPJAMSOSTEK menyentuh 683,5 ribu perusahaan atau tumbuh 21,6 persen year on year (yoy).

Kendati dinamika kepesertaan cukup tinggi, kata Agus, sepanjang tahun 2019 BPJAMSOSTEK berhasil mengakuisisi 23,6 juta peserta. Kinerja positif ini dapat dicapai dengan menggagas kegiatan dan kerja sama strategis bersama pemerintah, baik daerah, provinsi, hingga pusat. Kerja sama yang dilakukan di antaranya penguatan regulasi pada level daerah hingga provinsi dan memastikan kepatuhan para pemberi kerja terhadap regulasi jaminan sosial ketenagakerjaan.

Agus mengatakan, pihaknya bahkan memberikan apresiasi khusus melalui Anugerah Paritrana kepada kepala daerah dan provinsi yang telah memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan program perlindungan jaminan sosial.  BPJAMSOSTEK juga mendorong kepesertaan pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) dan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) melalui inisiatif Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai), sebuah inovasi perluasan kepesertaan dengan skema keagenan.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.