Jumat, 19 April 24

Agus Suparmanto, Politisi PKB yang Jadi Menteri Perdagangan

Agus Suparmanto, Politisi PKB yang Jadi Menteri Perdagangan
* Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. (Foto: waspada online)

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Agus Suparmanto menjadi Menteri Perdagangan yang di periode sebelumnya dijabat oleh politisi Nasdem Enggartiasto Lukita. Agus resmi dilantik bersama menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Sebelumnya, ketika bertemu Presiden Jokowi bertemu Jokowi, Agus mengaku ditugasi mengurus sektor perdagangan. Hal yang terpenting baginya ialah membantu Presiden Jokowi untuk menggenjot ekspor dan neraca perdagangan Indonesia terhadap negara lain.

“Tetap, program bapak presiden memajukan komoditas dalam negeri sehingga ekspor lebih baik. Intinya yang memiliki keterkaitan dengan yang bisa diekspor,” kata Agus.

Pada Agustus 2019 kinerja ekspor Indonesia kembali turun. Ekspor sudah turun selama hampir setahun terakhir. Pada Agustus, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor Indonesia pada Agustus adalah US$ 14,28 miliar. Turun 9,99% secara year-on-year (YoY). Catatan ini memperpanjang rekor koreksi ekspor menjadi 10 bulan berturut-turut. Rantai terpanjang sejak Oktober 2014-Juli 2016.

BPS juga melaporkan nilai ekspor-impor dan neraca perdagangan pada September 2019. Kepala BPS Suhariyanto mengungkapkan nilai ekspor tercatat mencapai US$ 14,1 miliar.

Agus Suparmanto merupakan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Selain itu, ia adalah Ketua Umum PB Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) 2018-2022. Di bawah kepemimpinannya, Ikasi tengah bersiap berkompetisi di SEA Games 2019.

Nama Agus memang kurang familiar di publik termasuk di kalangan pengusaha. Informasi soal Agus relatif minim. Namun, Agus merupakan Direktur Utama PT Galangan Manggar Billiton (GMB), sebuah perusahaan galangan kapal di Belitung Timur.

Di perusahaaan tersebut, pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra berada di salah satu jajaran pimpinan. Berdasarkan pemberitaan tahun 2016, GMB pernah menggarap proyek pembangunan dok kapal di Manggar, tepatnya di pinggir aliran sungai Manggar, Belitung Timur. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.