Minggu, 9 Agustus 20

Agus Muharram Yakin Koperasi Mampu Keluar dari Tekanan Covid-19

Agus Muharram Yakin Koperasi Mampu Keluar dari Tekanan Covid-19
* Agus Muharram. (Foto: YouTube)

Jakarta, Obsessionnews.com — Koperasi menjadi salah satu yang terdampak pandemi Covid-19. Saat ini banyak koperasi yang mengalami kesulitan operasional. Sebab, para anggotanya tidak sanggup membayar cicilan dan banyak juga yang menarik simpanan di koperasi simpan pinjam.

Padahalnya lembaga yang namanya koperasi itu diharapkan menjadi pilar atau soko guru perekonomian nasional dan juga lembaga gerakan ekonomi rakyat. Koperasi harusnya lebih maju dan berkembang, bahkan mampu beradaptasi dengan kondisi krisis sekalipun.

Oleh karena itu, mantan Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengatakan dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19 saat ini koperasi perlu fokus untuk berbenah diri menghadapi berbagai kendala dalam menjalankan usahanya.

“Koperasi dapat disiplin dalam beradaptasi dengan New Normal dan New Bussiness yang berbasis teknilogi,” ungkap Agus Muharram kepada Obsessionnews, Senin (13/7/2020).

Selain itu, kata Agus koperasi juga perlu berinovasi untuk menyambut masa pasca wabah Covid-19 dengan melakukan terobosan-terobosan usaha terutama mempersiapkan SDM yang profesional dan antisipatif terhadap berbagai perubahan sistem bisnis.

“Baik itu terkait aspek keuangan, manajeman, kelembagaan, maupun sains dan teknologi, karena di masa kini dan apalagi masa yang akan datang,” katanya.

“Konstanta bisnis adalah perubahan sistem bisnis itu sendiri. Saya yakin koperasi ke depan akan semakin sehat, kuat, mandiri, dan tangguh dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang sangat cepat berubah,” tambah Agus yang juga pemerhati koperasi dan UKM itu. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.