Selasa, 11 Agustus 20

Agung Laksono Optimis KMP Dukung Perppu Pilkada

Agung Laksono Optimis KMP Dukung Perppu Pilkada

Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono menunjukan reaksi positif setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) terkait pemilihan kepala daerah. Demi memenuhi keinginan masyarakat yang menginginkan pilkada tetap dilaksanakan secara langsung maka perppu tersebut diyakini bakal diterima oleh semua partai di parlemen termasuk Koalisi Merah Putih.

“Saya berkeyakinan bahwa partai-partai itu (di DPR), termasuk partai yang berkoalisi di KMP (koalisi merah putih) yang akan melihat sebagai sesuatu yang memang realistis. Saya yakin akan mengamankan,” kata Agung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/9/2014).

Agung menjelaskan, ,” kata Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat ini.Perppu tersebut masih akan dibahas di DPR sebelum akan dijadikan sebagai UU. Maka proses lobi perlu dilakukan untuk menyatukan dukungan dari berbagai partai yang selama ini berbeda pandangan. “Sah dalam mekanisme perpolitikan di mana pun, menghasilkan diharapkan dukungan. Saya percaya partai-partai akan memberikan dukungan kepada Perppu tersebut

Seperti diketahui Presiden SBY menerbitkan dua Perppu guna mengembalikan mekanisme pemilihan kepala daerah secara langsung. Perppu yang diterbitkan adalah Perppu No 1/2014 tentang Pemilihan Gubernur dan Bupati/Wali Kota, serta Perppu No 2/2014 tentang Perubahan UU No 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Setelah Perppu diterbitkan, pemerintah akan mengajukannya kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan dalam jangka waktu 30 hari. Apabila diterima, maka secara otomatis UU Pilkada diubah sesuai dengan isi Perppu. Namun, apabila ditolak, maka Perppu dianggap gugur, dan isi UU Pilkada tetap digunakan. (Has)

 

Related posts