Sabtu, 6 Juni 20

Agar Tak Mudah Terserang Virus Corona, Sering Lakukan Ini

Agar Tak Mudah Terserang Virus Corona, Sering Lakukan Ini
* Konsultan Penyakit Tropik Infeksi FKUI - RSCM Dr Aditya Susilo. (Foto: Kapoy/obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Menghadapi virus Corona yang sekarang sedang merebak di seluruh dunia tidak mudah. Harus dengan perbuatan yang super hati-hati, sebab virus ini penyebarannya mampu menyebar secara cepat.

Untuk itu pentingnya mengikuti saran dari World Health Organization (WHO), yakni organisasi kesehatan dunia seperti menjaga kesehatan, mengunakan masker, dan hindari kontak dengan hewan liar.

Tak hanya itu, WHO juga menyarankan agar tak gampang tertular virus Corona, harus rajin mencuci tangan. Mau tahu sabun seperti apa yang disarankan oleh dokter untuk mencuci tangan agar dapat terhindar dari serangan virus tersebut, kami akan mengulasnya sedikit tentang sabun itu.

Konsultan Penyakit Tropik Infeksi FKUI – RSCM Dr Aditya Susilo mengatakan, sebenarnya desinfektan sabun secara umum yang komersial itu sudah cukup untuk membersihkan tangan, asalkan dilakukan dengan tehnik yang betul.

“Biasanya dengan alir yang mengalir dan sabun untuk cuci tangan, hanya dibutuhkan dengan waktu 20-30 detik,” ujar Aditya di Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Namun sering kali sulit mendapatkan air bersih dan mengalir serta sabun kalau sedang berada di jalan. Untuk itu, cuci tangan dengan penggunaan antiseptik (handrub) yang benar juga disarankan oleh WHO.

“Ini juga bisa diganti dengan Handrub. Di mana Handrub ini saya kira banyak dan sudah mengandung kandungan-kandungan seperti alcohol dan yang lainnya yang sudah dinyatakan tepat untuk antiseptik saya kira kalau kita tidak punya air mengalir dan sabun, kita bisa gantikan dengan Handrub,” ungkapnya.

Lalu seperti apa sih pembersih tangan antiseptik atau Handrub itu, berikut ulasan dan cara penggunaannya.

Membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir, bila tangan tampak atau terasa kotor, terkontaminasi dengan darah maupun cairan tubuh, dan bila berpotensi membentuk spora kuman sangat dianjurkan.

Namun membersihkan tangan dengan handrub cairan berbasis alkohol, dilakukan bila tangan tidak tampak kotor. Kebersihan tangan penting dilakukan untuk mengurangi HAIs (Healthcare Assosiated Infections) karena transmisi kuman pathogen berasal dari tangan petugas, diantara pasien, pasien yang sama dan dari pasien ke petugas serta dari lingkungan.

Cuci tangan dengan air bersih dan mengalir. (Foto: Kapoy/obsessionnews.com)

Kebersihan tangan dilakukan dengan beberapa hal

  1. Kebersihan tangan dengan cairan antiseptik handrub adalah Melakukan kebersihan tangan dengan menggunakan cairan antiseptik yang berbahan dasar alkohol di seluruh permukaan tangan
  2. Kebersihan tangan dengan sabun antiseptik dan air mengalir (Handwash) adalah melakukan kebersihan tangan dengan menggunakan sabun/cairan antiseptik dan air mengalir

Membersihan tangan yang tepat dan benar dapat dilakukan dengan dua cara :

A. Handwash (Melakukan Kebersihan Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir)

Kebersihan tangan dengan sabun dan air mengalir dilakukan apabila tangan tampak kotor dengan waktu 20 – 30 detik, di mana setiap langkah dilakukan 4 hitungan.

Langkah – langkah :

Buka kran dan basahi tangan dengan air, lalu tuangkan sabun cair 3- 5 cc

Dalam membersihkan tangan, lakukan dengan baik dan benar :

  1. Gosok kedua telapak tangan hingga merata
  2. Gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya.
  3. Gosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari
  4. Jari-jari sisi dalam dari kedua tangan saling mengunci tautkan dan saling digosokkan.
  5. Gosok ibu jari kiri berputar kearah bawah dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya.
  6. Gosokkan ujung ujung jari-jari tangan kanan di telapak tangan kiri dengan gerakan memutar dan sebaliknya.

Lalu bilas tangan dengan air bersih, dan kemudian dikeringkan tangan dengan menggunakan kertas/tissu sekali pakai. Gunakan handuk kertas tersebut untuk memutar kran sewaktu mematikan air.

B. Handrub Antiseptik (Tehnik Mencuci tangan dengan airan berbasis Alkohol)

Penggunaan handrub antiseptik untuk tangan yang bersih lebih efektif membunuh flora residen dan flora transien daripada mencuci tangan dengan sabun antiseptik atau dengan sabun biasa dan air. Antiseptik ini cepat dan mudah digunakan serta menghasilkan penurunan jumlah flora tangan awal yang lebih besar. Handrub antiseptik juga berisi emolien seperti gliserin, glisol propelin, atau serbitol yang melindungi dan melembutkan kulit.

Teknik Mencuci Tangan dengan Handrub Antiseptik harus dilakukan seperti di bawah ini :

Tuangkan cairan handrub 3 – 5 cc berbasis alkohol ke dalam tangan lakukan 6 langkah gerakan mencuci tangan. Gosok kedua telapak tangan hingga merata, lalu gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya.

Gosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari. Kemudian jari-jari sisi dalam dari kedua tangan saling mengunci tautkan dan saling digosokkan. Gosok ibu jari kiri berputar kearah bawah dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya. Gosokkan ujung ujung jari-jari tangan kanan di telapak tangan kiri dengan gerakan memutar dan sebaliknya.

Setiap gerakan dilakukan sebanyak empat kali. Lamanya seluruh prosedur selama 20-30 detik. Setelah melakukan Handrub 3 kali atau bila tangan sudah tidak nyaman, lakukan cuci tangan dengan air mengalir.

Itulah beberapa tips untuk Anda dalam membersihkan tangan menggunakan air bersih dan mengalir serta menggunakan sabun. Kalau tak sempat menggunakan itu, Anda dapat menggunakan cairan antiseptic Handrub. Semoga bermanfaat, selamat mencoba. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.