Kamis, 26 November 20

Aduh… Barcelona Dipermalukan Tim Juru Kunci

Aduh… Barcelona Dipermalukan Tim Juru Kunci

Kejutan besar terjadi di pekan keenam La Liga ketika tim juru kunci sukses menumbangkan sang pemuncak klasemen. Memalukan!

Kesempatan Barcelona untuk memetik poin mudah kontra tim juru kunci Leganes pada partai lanjutan La Liga Spanyol malah berujung bencana. Bertandang ke Estadio Municipal de Butarque, Barcelona secara tak terduga takluk 2-1, Kamis (26/9) dini hari WIB.

Unggul lebih dulu lewat Philippe Coutinho, tim arahan Ernesto Valverde itu kolaps di awal babak kedua akibat dua gol kilat Leganes. Lionel Messi dkk. pun harus merasakan kekalahan pertamanya di musim ini. Sebaliknya, ini menjadi kemenangan perdana bagi Leganes.

Di pertandingan ini, Munir El Haddadi dan Thomas Vermaelen mendapatkan kesempatan tampil starter untuk pertama kali musim ini. Secara tidak mengejutkan, Barcelona menguasai penuh jalannya permainan sejak menit pertama. Bukan pula hal yang mengejutkan apabila mereka sudah menemukan gol di menit ke-12.

Berawal dari dribel Messi yang sukses menarik perhatian lima pemain Leganes di sayap kanan, bola lantas disodorkan ke tengah di mana Coutinho menanti dalam posisi bebas. Dengan sentuhan manis, Coutinho langsung melepaskan tembakan setengah voli yang tak bisa dijangkau kiper Leganes Pichu Cuellar.

Tak lama berselang, Messi nyaris menggandakan skor ketika tembakan melengkungnya membentur mistar. Setelahnya, Leganes merapatkan barisan dan ini membuat Barca kesulitan menciptakan kans. Leganes sendiri tercatat tiga kali membuat peluang bagus di babak pertama, namun tak terlalu berbahaya. Skor 1-0 untuk tim tamu bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, Barcelona yang berada di atas angin kembali mendominasi permainan, berharap menambah gol untuk membunuh pertandingan. Akan tetapi, yang terjadi justru petaka. Dalam tempo dua menit, tepatnya di menit ke-52 dan 53, Leganes mampu membalikkan kedudukan!

Kedua gol tersebut tercipta lewat serangan balik. Gol penyama Leganes diarsiteki oleh Jonathan Silva. Ia lolos dari perangkap offside sebelum mengirimkan bola ke tengah untuk ditanduk Nabil El Zhar, yang memenangi duel udara dengan Vermaelen. Kepanikan kemudian melanda tim tamu.

Cuma berselang beberapa detik, sebuah serangan balik lanjutan dari Leganes mengakibatkan Gerard Pique salah menyapu bola. Oscar Rodriguez, gelandang serang Leganes yang dipinjam dari Real Madrid, berdiri di posisi yang tepat untuk menyambar “assist” Pique itu. Gawang Marc Andre ter Stegen pun kembali bergetar dalam tempo sangat singkat.

Dalam situasi tertinggal, Valverde bereaksi dengan memasukkan Luis Suarez, Malcom, dan Jordi Alba. Amat rapatnya pertahanan Leganes membuat permainan Barca sulit berkembang. Peluang terbaik mereka baru tercipta ke-80, namun penyelamatan ganda nan sensasional dari Cuellar menggagalkan tembakan keras beruntun dari Coutinho dan Rakitic.

Hingga tambahan waktu tiga menit, Blaugrana tetap tak sanggup mencari gol penyeimbang dan harus pulang dengan tangan hampa. Kekalahan ini membuat posisi Barcelona di puncak klasemen terancam oleh Real Madrid yang masih menyimpan satu pertandingan. (goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.