Minggu, 12 Juli 20

Adang Daradjatun Tingkatkan Minat Masyarakat Berwirausaha

Jakarta, Obsessionnews.com – Sinergi pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan industri kecil menengah (IKM) sangat diperlukan. Pemerintah dan pihak swasta juga harus bahu-membahu dalam upaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) agar mampu berkompetisi dengan baik.

Hal tersebut yang mendorong anggota Komisi VI DPR RI Adang Daradjatun membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Produksi dan Kewirausahaan bagi IKM kendaraan bermotor roda dua, konveksi, olahan kue kering dan konveksi batik.

Acara yang digelar pada 7-11 Agustus ini bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan dilaksanakan di Hotel Samala, Jalan Daan Mogot Kav.2, Cengkareng, Jakarta Barat.

Para peserta yang mengikuti bimtek ini sebanyak 100 orang. Mereka terdiri dari empat kelompok pelatihan. Masing-masing dilatih 25 orang calon pelaku IKM.

Anggota Komisi VI DPR RI Adang Daradjatun dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Produksi dan Kewirausahaan bagi Industri Kecil Menengah (IKM) di Hotel Samala, Jalan Daan Mogot Kav.2, Cengkareng Jakarta Barat. (Dok. Adang Dradjatun)

Dalam sambutannya Adang Daradjatun  menyampaikan bahwa telah banyak yang dilakukan pemerintah saat ini untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya Industri IKM.

Ini untuk memperbesar porsi IKM dalam menopang roda perekonomian nasional, diantaranya, pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR), khususnya melalui bank-bank pemerintah dengan bunga dan persyaratan yang jauh lebih mudah.

Kemudian juga melakukan pelatihan-pelatihan meningkatkan kualitas produksi dan memberikan peralatan modal awal.

“Gunakan kesempatan mengikuti acara pelatihan dan bimbingan teknis produksi dan wirausaha service motor roda dua, konveksi, olahan kue kering, dan konveksi batik ini agar menjadi keahlian yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Adang dalam keterangan resmi yang diterima Obsessionnews.com, Rabu (9/8/2017).

Adang  melanjutkan, keahlian dan keterampilan beriwarusaha serta memproduksi penting bagi wirausahawan pemula juga bagi wirausahawan yang melanjutkan usaha yang telah ada.

“Semoga pelatihan ini dapat memberi manfaat besar bagi kemajuan usaha, kemandirian bangsa, dan kesejahteraan rakyat,” tambahnya.

Sementara, Direktur Industri Kecil dan Menengah Pangan, Barang dari Kayu, dan Furnitur Kemenperin Sudarto mengungkapkan satu fungsi Kemenperin adalah menyelenggarakan pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan urusan Kementerian Perindustrian di daerah. Bimtek ini bertujuan untuk mendorong tumbuhnya wirausaha baru di Jakarta.

Kemenperin juga mempunyai target untuk menumbuhkan sejumlah wirausaha baru dalam mengembangkan industri nasional.

Dalam hal ini kementerian tidak membuka pabrik-pabrik baru, namun meningkatkan kemandirian dan kemampuan SDM di daerah-daerah melalui bimtek dengan membekali keterampilan, mendampingi dan mendorong masyarakat agar bisa membuka usaha sendiri.

Dengan banyaknya wirausaha baru yang tumbuh, akan meningkatkan geliat ekonomi daerah sehingga berkontribusi mengurangi pengangguran dan menurunkan angka kemiskinan.

Banyaknya upaya yang dilakukan pemerintah ini memerlukan keberanian dan semangat bagi peserta untuk berkembang menjadi wirausaha yang tangguh yang dapat menciptakan lapangan kerja di wilayahnya masing-masing. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.