Sabtu, 18 September 21

Ada yang Gebrak Meja, MKD ‘Khianati’ Etika

Ada yang Gebrak Meja, MKD ‘Khianati’ Etika
* Junimart Girsang.

Jakarta, Obsessionnews – Rapat internal Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) kemarin yang seharusnya membahas jadwal sidang kasus dugaan pelanggaran kode etik Ketua DPR Setya Novanto terpaksa ditunda. Sebab, ada perdebatan alot antar anggota MKD.

Bahkan, dalam rapat tersebut salah satu Wakil Ketua MKD yang baru dari Fraksi Golkar, Kahar Muzakir sempat menggebrak meja.

Wakil Ketua MKD dari Fraksi PDI Perjuangan Junimart Girsang menyesalkan tindakan yang tak sepatutnya dilakukan dalam forum MKD. Junimart sikap Kahar Muzakir sebagai pimpinan lembaga etik DPR tidak mencerminkan MKD sebagai alat kelembagaan DPR yang fokus mengadili pelanggaran etik anggota DPR. ‎

“Apalagi dengan pukul meja sambil berdiri, ini kan lembaga etik itu Pak Kahar yang pukul meja, dia gebrak-gebrak meja sambil berdiri dia tausiyah. Ini lembaga etika kok (dia) enggak punya etika,” kata Junimart di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/12/2015).

Junimart berujar, dirinya bersama anggota MKD yang lain sudah mengingatkan agar Kahar Muzakir bisa mengendalikan emosinya  dalam menyampaikan pendapatnya dan fokus terhadap kasus dugaan pelanggaran etika yang dilakukan Setya Novanto atas pelaporan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said 16 November 2015 lalu.

“Saya bilang ke dia harus fokus, jangan katakan begini-begitu masalah Sudirman Said‎. Tolong harus fokus,” ujar Junimart.

Akan Laporkan ke MKD

‎Atas kejadian tersebut, Junimart Girsang berencana melaporkan Wakil Ketua MKD Kahar Muzakir ke MKD. Junimart menilai, tindakan Kahar Muzakir tidak bisa diterima karena dilakukannya dalam forum etik dewan.

“Ini lembaga etika, tidak pantas dan saya berencana sedang pikirkan laporkan ke MKD, saya berencana saya masih diskusi,” ucap Junimart.

Dalam rapat MKD kemarin, Junimart mengaku sudah meminta Ketua MKD Surahman Hidayat untuk tegas menanggapi tindakan Kahar Muzakir.
“Saya sudah minta tolong ketua itu harus tegas tidak boleh gebrak-gebrak meja tidak dibenarkan.‎ Tidak boleh lah begitu. Kok jadi begini ini bukan jadi contoh, katanya sudah senior. Justru saya heran kenapa fraksi (Golkar) pertahankan itu (Kahar Muzakir di MKd),” tandas Junimart. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.