Jumat, 24 September 21

Ada Usulan, Perlu Dihidupkan Kembali atau Revitalisasi P4

Ada Usulan, Perlu Dihidupkan Kembali atau Revitalisasi P4

Jakarta, Obsessionnews – Anggota MPR RI asal daerah pemilihan Malang, Jawa Timur, Ir HM Ridwan Hisjam melakukan Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di daerah Malang pada 13 Mei 2015 menggunakan metoda dialog dengan peserta.

“Tujuan sosialisasi adalah untuk mendapatkan masukan dan saran dari masyarakat terhadap pelaksanaan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan masyarakat, serta lebih memasyarakatkan dan membudayakan pentingnya membangun komunikasi antara masyarakat dengan wakilnya dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tandasnya kepada wartawan, kemarin.

4pilar2

Yang mengejutkan, menurut Ridwan Hisjam, ternyata peserta melontarkan tiga pertanyaan berikut:

1. Bangsa kita ini apa benar sudah menganut asas demokrasi Pancasila atau menganut asas yang lain karena elit politik kita terus menerus bertarung soal kekuasaan?

2. Jika Pancasila sekarang ini sudah tak lagi dihargai dan bukan pula harga mati, faham komunis dan liberal  makin merajalela, Bagaimana peran Negara untuk memberikan pemahaman Pancasila kepada masyarakat ?

3. Bagaimanakah implementasi yang benar asas demokrasi Pancasila ini jika demokrasi yang dilakukan bangsa kita ini demokrasi langsung, sudahkah sinergi ataukah masih bertentangan ?

4pilar3-

Namun, lanjutnya, dalam sosialisasi tersebut juga mendapat masukan dan saran sebagai berikut:

1.  Untuk sosialisasi UUD 1945 lebih dimasifkan karena sebagian masyarakat masih kurang memahami UUD 1945.

2. Perlu dihidupkan kembali atau revitalisasi P4 (Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila) di sekolah dan masyarakat.

3. Masyarakat perlu pengertian dan pemahaman Pancasila secara berkesinambungan atau berkelanjutan karena banyak masyarakat belum memahami tentang kedaulatan Pancasila itu sendiri.

4pilar4

Ridwan Hisjam menegaskan, dengan  terlaksananya kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dengan masyarakat diharapkan sebagai umpan balik bagi anggota dalam rangka meningkatkan pengetahuaan dan pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara  yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

4pilar5

“Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang dilakukan oleh setiap Anggota MPR dengan masyarakat, merupakan wadah untuk dialog dengan masyarakat  serta sebagai wadah untuk menampung saran  dan pendapat dari masyarakat mengenai pelaksanaan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagaimana terdapat pada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” jelas Wakil Ketua Komisi X DPR RI ini.

4pilar6

Sosialisasi tersebut digelar dengan Organisai  RH Center di Jl Anjasmoro Desa Karang Pandan, Kabupaten Malang, dengan peserta 150 orang. Selain Ridwan Hisjam, hadir pula sebagai pembicara dalam dialog tersebut Hj Asminin Sanusi SH dan Suyanto Al-Farabi. (Ars)

4pilar7

 

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.