Rabu, 29 Juni 22

Ada Tapi Tidak Penting

Ada Tapi Tidak Penting
* Hendrajit. (Foto:: dok. pribadi)

Oleh: Hendrajit, Direktur Eksekutif Global Future

Yang menggelisahkan saat ini, sistem di negeri kita dirancang agar masyarakat itu ada, tapi tidak penting. Media yang menyingkap kebenaran di tengah kepungan media-media arus utama yang dikuasai pemilik modal, ada tapi tidak penting.

Berbagai elemen masyarakat yang mencoba memainkan peran di luar pakem sistem yang tunduk pada skema kapitalisme global, ada tapi tidak penting.

Berbagai komunitas dan jaringan terorganisir yang mencoba membuat kontra skema terhadap mengguritanya konglomerasi dan oligarki partai, ada tapi tidak penting.

Para cendekiawan dan para pakar yang punya cara pandang di luar dominasi sistem yang berlangsung saat ini, ada tapi tidak penting.

Diri kita harus introspeksi, mengapa kita ada tapi tidak penting. Kini dan ke depan, kita harus mengubah nasib, dan mengubah jalan takdir. Kita bukan saja ada, tapi harus jadi penting.

Sebab sistem demokrasi kita yang seolah olah serba boleh dan serba bebas itu, mengandung strategi dan rancang bangun sistem yang berbahaya dan melumpuhkan buat peradaban bangsa kita ke depan.

Strategi dan rancang bangun sistem agar kita ada, tapi tidak penting. Ketika kita ada tapi tidak penting, maka berarti benih-benih menuju pembekuan dalam masyarakat.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.