Senin, 26 Oktober 20

Ada Peran Komunis dan IMF dalam Tumbangnya Soeharto

Ada Peran Komunis dan IMF dalam Tumbangnya Soeharto
* Fadli Zon.

Jakarta, Obsessionnews Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon membenarkan ada beberapa faktor yang menyebabkan jatuhnya Presiden Soeharto di masa reformasi. Salah satunya adalah kelompok komunis dan International Monetary Fund (IMF).

Peran komunis diakui ada dalam peristiwa 1988, di mana kelompok ini sejak awal tidak cocok dengan gaya kepemimpinan yang dipakai Soeharto. Namun, pengaruhnya tidak begitu besar.

“Memang ada kelompok kiri (komunis) yang berusaha seperti itu tapi pengaruhnya tidak besar,” katanya di DPR, Kamis (2/6/2016).

Sementara peran IMF berdasarkan pengakuan Managing Direktur IMF. Menurutnya, pada saat krisis moneter melanda sebagian wilayah Asia, IMF memang menolong negara-negara berkembang, namun tidak untuk Indonesia.

“Diciptakan krisis makin parah dan kita tidak ditolong. Indonesia diminta menaikkan harga BBM yang akhirnya memicu kerusuhan di beberapa kota,” ucap dia.

Selain dua alasan dia atas, Fadli juga menyebut kejatuhan Soeharto juga disebabkan oleh kuatnya gerakan mahasiswa dan juga masyarakat. Mereka sudah tidak menginginkan lagi Soeharto menjadi Presiden, karena pemerintahan yang korup.

Dalam Simposium Anti-Partai Komunis Indonesia (PKI) yang diselenggarakan di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (1/6/2016), anggota DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Lulung,  sempat menyebut tumbangnya Soeharto karena ada pengaruh dari kelompok komunis. ‎ (Albar, @aal_albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.