fbpx

Kamis, 21 Februari 19

Ada Pemutaran Film di Debat Capres Tahap Kedua

Ada Pemutaran Film di Debat Capres Tahap Kedua
* Capres Jokowi dan Prabowo. (foto: tirto dan tribunnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar debat capres tahap kedua dalam Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat ini disiarkan secara langsung di empat stasiun TV swasta, yakni RCTI, GTV, MNC TV, dan INews TV.

Untuk perhelatan debat capres tahap kedua ini KPU mengaku telah melakukan persiapan yang sangat matang. “Sudah siap,” ujar Ketua KPU RI Arief Budiman kepada Obsessionnews.com, Selasa (12/2).

Dalam debat tersebut, dua pembaca berita ternama, yakni Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki didaulatkan menjadi moderator.

Baca juga: Debat Capres Kedua, Ini Jurus Jokowi dan Prabowo

Berbeda dari debat sebelumnya, debat Pilpres 2019 tahap kedua ini hanya akan diikuti para capres saja, yakni Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Kedua capres akan beradu pendapat dan program mengenai energi, pangan, sumber daya alam, dan lingkungan hidup serta infrastruktur.

Yang berbeda dari debat sebelumnya, yaitu akan ada sesi debat bebas antara para capres. Debat bebas tersebut akan dilakukan pada segmen keempat selama 16 menit. Segmen ini akan diawali dengan pemutaran film berdurasi sekitar 30 sampai 60 detik mengenai satu dari empat tema debat. Kemudian KPU minta kandidat merespons video yang sudah ada narasinya itu.

“Segmen keempat ada debat yang lebih bebas,” beber pria kelahiran Surabaya 2 Maret 1974 ini.

Baca juga: Ini 5 Poin Dukungan Alumni SMA Jakarta Bersatu Kepada Jokowi

Setelah film tersebut diputar, kedua capres diminta untuk menanggapi dan saling melemparkan pertanyaan. Tidak ada batasan waktu bagi kedua peserta untuk saling menanggapi. Moderator akan memastikan kedua peserta memperoleh porsi yang sama dan tidak ada yang lebih dominan.

Jika pada Debat Pilpres pertama KPU memberikan kisi-kisi pertanyaan kepada peserta, hal tersebut tidak berlaku di debat Pilpres kedua ini. KPU memastikan akan menjamin kerahasiaan daftar pertanyaan untuk debat mendatang. (Poy)

Baca juga: Cerita Jokowi Memutuskan MRT yang Tertunda 26 Tahun

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.