Selasa, 6 Desember 22

Ada Nama Kapolda Jatim Dalam Daftar Calon Kapolri Versi IPW

Ada Nama Kapolda Jatim Dalam Daftar Calon Kapolri Versi IPW
* Kapolda Jatim Irjen Pol Muhammad Fadil. (Foto: Tribunnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com — Indonesia Police Watch (IPW) merilis 8 nama calon kuat pengganti Jenderal Polisi Idham Azis di posisi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). 8 nama calon tersebut terdiri dari lima jenderal bintang tiga (Komjen) dan tiga bintang dua (Irjen).

Dari daftar tersebut terdapat nama Kapolda Jatim Irjen Pol Muhammad Fadil. Nama Fadil mencuat karena kedekatannya dengan Idham Azis. Fadhil disebut pernah menjadi salah satu ‘tim sukses’ saat Idham Azis mengikuti uji kepatutan sebagai calon Kapolri di DPR ketika itu.

“Terlepas siapa pun yang menjadi Kapolri yang dipilih Presiden Jokowi nanti, dinamika prosesnya menarik untuk dicermati,” kata Ketua Presidium IPW, Neta S Pane dalam siaran pers tertulis yang diterima Obsessionnews.com, Jumat (12/6/2020).

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, tak sampai setahun lagi akan memasuki masa pensiun. Setidaknya, Kapolri Jenderal Idham Aziz akan pensiun sekitar tujuh bulan lagi. Meski Idham Aziz masih sekitar 7 bulan lagi memasuki masa pensiun, wacana siapa pengganti Kapolri sudah mulai kencang berhembus.

Menurut Neta, nama calon Kapolri akan mulai digodok Dewan Kebijakan Tinggi (Wanjakti) Polri yang diketuai Wakapolri dan anggotanya Irwasum, Assisten SDM, dan Kadiv Propam. “Nama-nama yang digodok Wanjakti ini lalu diserahkan Kapolri kepada presiden untuk dipilih, kemudian dilakukan uji kepatutan di Komisi 3 DPR,” katanya.

Di sisi lain, lanjut Neta, Kompolnas juga memberikan nama-nama calon kapolri sebagai usulan kepada presiden. Dalam bursa calon Kapolri kali ini, Neta mengatakan, ada tiga kelompok yang menonjol yakni Geng Solo terdiri atas jenderal jenderal yang pernah bertugas di Solo.

Geng Idham yakni para jenderal yang dekat dengan Kapolri Idham Azis, dan Geng Netral yang dekat dengan semua pihak. Tiga kelompok yang sebelumnya sempat mendominasi putaran elit kekuasaan di Polri, saat ini sudah terkikis dan tersingkir dari putaran elit kekuasaan internal kepolisian tersebut.

“Yakni Geng Syafruddin, Geng Tito, dan Geng Budi Gunawan (BG). Dalam sejumlah mutasi di era Kapolri Idham Azis kelompok Syafruddin dan Tito perlahan tapi pasti tersingkir dari putaran elit kekuasaan di kepolisian,” katanya.

Sedangkan Geng BG tersisih di luar lembaga kepolisian, meski mendapat pangkat menjadi jenderal bintang tiga. “Lalu, apakah jenderal jenderal bintang tiga Geng BG yang berada di luar Polri ini bisa kembali ke internal kepolisian dan masuk dalam bursa calon Kapolri, kita tunggu saja,” ujarnya lagi.

Selain itu, kata Neta, ada dua hal lagi yang menarik untuk dicermati. Selain Irjen Fadil, ada nama mantan ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Komjen Rico adalah Adimakayasa Akpol 88 B.

“Jika hal itu terjadi tentunya ini menjadi fenomena baru, tidak hanya di dalam dinamika kepolisian tapi juga dalam dinamika politik, dimana mantan ajudan Presiden SBY bisa menjadi Kapolri di era Presiden Jokowi,” katanya.

Berikut 8 nama calon Kapolri versi IPW, yakni:

Jenderal bintang tiga:

1. Komjen Rycko Amelza Dahniel (Kabaintelkam/mantan Kapolda Jateng)

2. Komjen Agus Andrianto (Kabaharkam)

3. Komjen Boy Rafly (Kepala BNPT)

4. Komjen Listyo Sigit Prabowo (Kabareskrim)

5. Komjen Gatot Eddy Pramono (Wakapolri).

Jenderal bintang dua:

6. Irjen Nana Sudjana (Kapolda Metro Jaya)

7. Irjen Ahmad Luthfi (Kapolda Jateng)

8. Irjen Muhammad Fadhil (Kapolda Jatim).

(Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.