Kamis, 28 Maret 24

Breaking News
  • No items

Ada 5,9 Juta Pengguna Narkoba di Indonesia

Ada 5,9 Juta Pengguna Narkoba di Indonesia
* Kepala BNN Budi Waseso.

Surabaya, Obsessionnews – Badan Narkotika Nasional (BNN) tahun 2015 mencatat ada 5,9 juta pengguna narkoba di Indonesia. Pangsa pasar pengguna narkoba di indonesia tergolong paling besar di dunia. Terlebih, banyak pembongkaran dan penangkapan produsen narkoba di sejumlah daerah.

Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso (Buwas) mengatakan, untuk mengurangi angka tertinggi pengguna narkoba, diperlukan adanya perubahan Undang – Undang Narkoba yang saat ini sedang diterapkan. Sehingga, ada tindakan tegas pemerintah dalam menyikapi peredaran narkoba. Diketahui, jika perputaran uang di jaringan narkoba BNN mencatat kurang lebih ada 126 Milyar US Dollar.

“ Sejak saya dipercaya sebagai Kepala, saya tidak ada masalah dianggap miring oleh banyak pihak tentang sikap tegas terhadap pelaku dan pengedar narkoba,” ungkap Buwas, dalam Sarasehan Advokasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (26/11/2015).

Menurutnya, Indonesia masih belum tegas dalam melakukan penindakan terhadap pelaku peredaran narkoba. Hukuman mati yang diberlakukan di Singapura dan Malaysia patut dijadikan contoh. “ Undang – Undang harus direvisi, kita kalah dengan malaysia dan singapura yang memberlakukan hukuman mati bagi pengguna narkoba,” ungkapnya.

Untuk membangun komitmen tindakan tegas terhadap pengguna dan pengedar narkoba, BNN akan bekerjasama dengan TNI untuk ikut serta perang terhadap narkoba. Pembagian tugas akan diterapkan dalam operasi tersebut. Untuk data dan target tugasnya Polri dan BNN, sedangkan TNI bertugas melakukan eksekusi. (Rudianto)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.