Sabtu, 25 September 21

Ada 10 Pesan SBY yang Bermanfaat Bagi Jokowi

Ada 10 Pesan SBY yang Bermanfaat Bagi Jokowi
* Prof. DR. Asep Saeful Muhtadi

Bandung, Obsessionnews – Guru Besar Ilmu Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof Asep Saeful Muhtadi memaparkan, ada 10 pesan SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) yang bermanfaat bagi Presiden Jokowi untuk dipertimbangkan dalam pemerintahan Jokowi.

Asep menilai Partai Demokrat saat ini tidak berada di KMP maupun KIH, namun posisi SBY sebagai mantan Presiden yang sudah berpengalaman selama 10 tahun bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Pemerintahan Jokowi. “Selain pemerintahan Jokowi beberapa elemen pemerintahan yang tergabung dalam KMP dan KIH juga harus mempertimbangan aspirasi tersebut,” ujar Asep, Kamis (14/5/2015).

Kesepuluh pesan itu adalah: Pertama, meminta Presiden Jokowi terus menjaga dan menghidupkan iklim kampanye pemberantasan korupsi. Kedua, SBY ingin Jokowi menyelamatkan Komisi Pemberantasan Korupsi dan Polri, agar tetap bisa melaksanakan tugasnya secara efektif.

Ketiga, TNI-Polri harus tetap bebas dari lingkaran politik, agar memiliki hubungan dan kerjasama yang sehat, tidak terpecah belah. Keempat Partai Demokrat menginginkan supaya negara tetap berpihak pada rakyat. Dia meminta pemerintahan Presiden Joko Widodo harus menghidupkan program pro rakyat.

Kelima, pembangunan infrastruktur jangan sampai menguras APBN. Alokasikan anggaran yang cukup untuk peningkatan kesejahteraan rakyat. Keenam, SBY juga berpesan supaya Jokowi menjaga dan menghidupkan kembali MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia).

Ketujuh, pemerintah saat ini harus dapat mengelola ekonomi nasional secara sungguh-sungguh, sehingga ekonomi tetap tumbuh dengan sehat, sehingga kemiskinan dan pengangguran bisa terus berkurang.

Kedelapan, kedaulatan dan keutuhan NKRI memang harga mati, dan Partai Demokrat setuju dengan sikap pemerintah. Namun, jangan sampai hubungan dengan negara lain terganggu. Kesembilan, kemitraan internasional harus tetap dicapai secara bersama-sama.

Sepuluh, Partai Demokrat berharap agar semua keputusan yang diambil presiden dan pemerintah, dikomunikasikan dengan baik. Sehingga rakyat bisa melakukan kontrol politik secara sehat.

Menurut Asep. kesepuluh aspirasi partai Demokrat yang disampaikan ketua umumnya tersebut harus menjadi bahan pertimbangan untuk membawa pemerintah ke arah yang lebih baik. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.