Kamis, 9 April 20

ACTA Segera Uji Material PT ke MK

ACTA Segera Uji Material PT ke MK
* Ketua Pembina ACTA Habiburokhman (tengah). (Dok: ACTA)

Jakarta, Obsessionnews.com– Ketua Pembina Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Habiburokhman akan segera mendaftarkan uji materiil ketentuan Presidential Treshold (PT) ke Mahkamah Konsntitusi (MK).

“Kami beranggapan ketentuan Presidentual Treshold pada pasal 222 UU pemilu tersebut bertentangan dengan Pasal 6 UUD 1945 yang mengatur tentang syarat menjadi calon presiden dan pasal 6A ayat (5) yang mengatur tata cara pemilihan presiden,” demikian pernyataan Habiburokhman di Jakarta, Senin (18/6/2018).

Ia melanjutkan, pasal 6 UUD 1945 sama sekali tidak mensyaratkan adanya dukungan 20% suara partai politik di parlemen atau 25 % suara sah nasional, namun pasal 222 yang secara teknis seharusnya hanya mengatur tata cara pencalonan justru membuat syarat tambahan yang menyimpang tersebut.

Permohonan uji materiil PT ini memang pernah ditolak oleh MK, namun ACTA yakin ada situasi konstitusional baru yang perlu menjadi pertimbangan MK yang membuat perkara ini layak diperiksa kembali dan tidak nebis in idem.

Menurutnya, situasi konstitusional baru tersebut adalah fakta konkrit besarnya aspirasi masyarakat agar terjadi suksesi kepemimpinan nasional secara damai melalui Pemilu 2019.

“Kami menyerukan masyarakat yang menginginkan pergantian presiden pada pemilu tahun 2019 agar bisa bergabung dan mendukung permohonan ini. Yang kita lakukan adalah hak politik yang sah dan dilindungi konstitusi,” tutup pernyataan Habiburokhman. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.