Rabu, 20 Oktober 21

Acil Bimbo Minta Presiden Batalkan Waduk Jatigede

Acil Bimbo Minta Presiden Batalkan Waduk Jatigede

Bandung, Obsessionnews – Budayawan Acil Bimbo dan Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) meminta Presiden Jokowi membatalkan penggenangan waduk Jatigede 1 Agustus mendatang menyusul banyaknya situs budaya leluhur di kawasan tersebut. Demikian disampaikan Ketua DPKLTS Mubyar Purwasasmita, Senin (27/7).

Menurut Mubyar, surat permohonan pembatalan tersebut ditandatangani dirinya, Darmawan Harjakusumah (Acil Bimbo) sebagai Budayawan dan ketua Dewan penasehat DPKLTS Solihin GP.

“Sebenarnya lebih dari 10 tahun yang lalu sejak waduk Jatigede mulai dibangun pihaknya terus mengingatkan kepada Pemerintah, bahwa pembangunan waduk tersebut akan menemui banyak masalah yang rawan konflik,” ujarnya.

Ia menjelaskan, surat permohonan pembatalan sebelumnya sudah dikirim dengan No 30/DPKLTS/Ext/X/04 tertanggal 26 Oktober 2004. Menurutnya, waduk tersebut berada di wilayah geologi yang sensitif, secara ekonomi lokasi tergenang merupakan daerah pertanian subur dan hutan negara yang dilindungi serta secara budaya di lokasi genangan banyak didapati situs peninggalan budaya leluhur masa lalu masyarakat tatar Sunda yang tidak dapat tergantikan.

Situs-situs tersebut antara lain situs Cipaku yang dipercaya sebagai peninggalan Eyang Prabu Aji Putih sekitar abad ke-7 seorang raja dari kerajaan Tembong Agung cikal bakal kerajaan Sumedang Larang yang merupakan titik singgung paling utama kesatuan gunung-gunung di pulau Jawa. Selain itu ada 33 situs dari 48 situs yang terendam di waduk tersebut apabila pembangunan terus dipaksakan. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.