Sabtu, 20 April 24

Aceh Canangkan Budaya Nasional Menulis Al-Quran

Aceh Canangkan Budaya Nasional Menulis Al-Quran
* Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh, M Daud Pakeh, saat memantau para santri menulis mushaf Al-Quran di Jeumala Amal, Rabu (12/10/2016).

Banca Aceh, Obsessionnews.com — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, M Daud Pakeh, secara resmi membuka Pencanangan Budaya Nasional Menulis Mushaf Al-Quran yang dipusatkan di Dayah Jeumala Amal Lueng Putu, Kabupaten Pidie Jaya, Rabu (12/10/2016).

Menurut Daud, kegiatan tersebut menjadi salah satu rangkaian acara Kemenag untuk memperingati Hari Santri Tahun 2016. Kegiatan budaya nasional menulis Al-Quran ini diharapkan dapat membangun karakter masyarakat Indonesia.

“Kegiatan ini bertujuan membudayakan masyarakat Indonesia untuk menulis, mempelajari, memahami, mengkaji dan mengamalkan nilai-nilai Al-Quran sebagai solusi dari ikhtiar Kementerian Agama dalam membangun karakter masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Selain itu diharapkan agar kegiatan tersebut memotivasi santri untuk tidak hanya mampu membaca Al-Quran, tetapi juga mampu menulis, menghafal, mengkaji dan mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Aceh H Abrar Zym mengatakan kegiatan tersebut diikuti 604 santri yang berasal dari Dayah Jeumala Amal Kabupaten Pidie Jaya.

“Pesantren ini merupakan pilihan untuk dilaksanakan kegiatan ini karena pada saat Pospeda Tk Provinsi Aceh, Kabupaten Pidie Jaya menjadi juara umum dan santri DJA sendiri memboyong 11 juara yang akan diberangkat ke Banten sebagai peserta yang mewakili Provinsi Aceh,” katanya. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.