Senin, 18 Oktober 21

Acara Promosi Indonesia di Car Free Day Ditunda

Acara Promosi Indonesia di Car Free Day Ditunda
* Logo Komunitas Relawan Peduli Asean

Jakarta, Obsessionnews – Acara mempromosikan Indonesia oleh Komunitas Relawan Peduli Asean yang rencananya akan diadakan pada acara car free day, Minggu 6 Maret 2016 ditunda.

‎Penundaan ini dikarenakan Minggu depan ada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Konferensi Islam (OKI) sehingga acara car free day tidak dizinkan dibarengi dengan agenda sosialiasi seperti biasa dilakukan oleh masyarakat.

“Untuk Acara Car Free Day pada Hari Minggu 6 Maret 2016 tetap diadakan namun untuk acara yg bertajuk konsolidasi oleh komunitas dinonaktifkan,” kata Rini dari pihak Dishub DKI Jakarta Pusat, Kamis (3/2/2016).

Sementara itu, Hafyz Marshal selaku Ketua Panitia mengatakan, acara mempromosikan Indonesia yang diselenggarakan oleh Relawan Komunitas Peduli Asean sebenarnya sudah disiapkan dengan matang, termasuk konsep dan sosialisasi di media sosial. Namun, berhubung ada acara KTT OKI, jadi terpaksa ditunda.

“Acara mempromosikan Indonesia melalui media sosial di acara Car Free Day pada tanggal 6 Maret 2016 ditunda menjadi tanggal 13 Maret 2016,” kata Hafyz di Jakarta

Sedianya acara tersebut akan dihadiri oleh 200 relawan‎ mereka akan mempromosikan Indonesia melalui penggunaan kaos daerah, kemudian mengajak kepada semua pengunjung di car free day untuk ikut juga mempromosikan Indonesia melalui media sosial.

“Promisi Indonesia itu, bisa bentuk kuliner daerah, wisata daerah, UMKM atau kerajinan dan seni budaya daerah,” tuturnya.

Hafyz menjelaskan, Relawan Komunitas Peduli Asean juga punya misi membangkitkan semangat anak muda mempromosikan ‎daerahnya untuk kepentingan nasional. Pasalnya, di tahun ini, Indonesia sudah masuk dalam Masyarakat Ekonomi Asean yang menandakan dibukanya pasar bebas.

“Kita ingin dengan komunitas, ini semua relawan di daerah menjadi promotor memajukanya daerahnya secara ril,” jelasnya.

Acara mempromosikan Indonesia rencananya akan dimulai pukul 06.00 WIB, dimulai dari Gedung Bank Indonesia‎ menuju Bundaran Hotel Indonesia. Nanti juga ada aksi pengumpulan tanda tangan.

Setelah acara mempromosikan Indonesia selesai, Relawan Komunitas Peduli Asean yang dipimpin oleh Hariqo Wibawa Satria juga rencananya akan mengadakan pertemuan relawan ditingkat nasional pada 26-27 Maret 2016.

“Acara tersebut nanti akan dihadiri oleh semua relawan di seluruh di daerah. Tempat rencananya Kantor Kementerian Luar Negeri,” jelas dia.

Hariqo menambahkan, ‎tugas utama Relawan Komunitas Peduli Asean dalam acara car free day ini adalah, menanamkan jiwa diplomat kepada setiap diri seseorang. Diplomat tidak harus mereka yang duduk dibangku kuliah, tapi mereka yang punya semangat dan jiwa mempromosikan Indonesia, ditingkat Asean.

“Hari ini semua orang pada hakikatnya adalah diplomat, diplomat bukan saja yang kuliah di HI, KBRI, dll, tapi kita semua adalah diplomat, itulah landasan berfikir acara car free day ini, bareng2 kita promosikan indonesia di darat dan udara,” imbuhnya.

Komunitas Peduli ASEAN (KAPAS) adalah organisasi yang didirikan pada Jumat, 22 Januari 2010 di Jakarta, dengan tujuan; 1) meningkatkan gotong royong generasi muda untuk menjadikan Indonesia juara di ASEAN; 2) meningkatkan gotong royong generasi muda dalam memperjuangkan kepentingan nasional di kancah internasional.

Ruang lingkup diplomasi Indonesia tentu bukan hanya sebatas di ASEAN namun dunia, ASEAN kita jadikan sebagai target awal membangun kesadaran dan kebersamaan. Komunitas Peduli ASEAN berpedoman kepada Pancasila, UUD 1945, Undang-Undang serta aturan yang berlaku di Indonesia. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.