Minggu, 26 September 21

AA LaNyalla Mahmud Mattalitti: Saya Dulu Dekat dengan Dunia Malam

AA LaNyalla Mahmud Mattalitti: Saya Dulu Dekat dengan Dunia Malam
* AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Koleksi keris pusaka LaNyalla pun tak main-main. Mayoritas merupakan pusaka sejak zaman Kerajaan Majapahit yang usianya mencapai 800 tahun. Namun, dia juga memiliki keris era Kerajaan Mataram dan Singosari.

“Rata- rata dari Majapahit dan Singosari sudah 800 tahun. Paling muda Mataram, usianya 300 tahun,” imbuhnya.

Dia mengisahkan, kecintaannya pada keris tumbuh sejak tahun 1999. Mantan Ketua Umum PSSI ini menapaki perjalanan panjang keliling Indonesia untuk berburu keris dari berbagai wilayah di Nusantara, hingga saat ini. Para kolektor memahami tidak mudah mendapatkan keris bernilai tinggi, terlebih keris-keris pusaka. Hal tersebut lantaran tidak sembarang orang bisa memilikinya. Perjalanan mengumpulkan keris dijadikan sebagai salah satu perjalanan spiritual bagi LaNyalla. Bahkan dia harus menjalankan puasa sunah Daud agar sisi spiritualnya mampu menjaga keris-keris tersebut serta dapat berfungsi secara semestinya dan tidak disalahgunakan.

Kendati demikian dia tidak mau menempatkan keris sebagai benda yang harus diagungkan. Dia murni mengumpulkan keris sebagai bentuk cita rasa seni dan caranya untuk menjaga warisan budaya Tanah Air.

“Seni dan spiritual terkadang memang bisa melebur menjadi sebuah estetika bagi para pecintanya. Namun jangan sampai nilai-nilai budaya menggoyahkan sisi keagamaan seseorang. Harus bisa membedakan antara hak dan batil, ini benar atau musyrik, di situ bedanya. Ini semua sebagai alat, alat pengantar, bukan karena dia. Dia hanya mengantarkan,” jelas LaNyalla.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.