Sabtu, 20 Agustus 22

Aa Gym Ingatkan Netizen Soal Bahaya Lisan

Aa Gym Ingatkan Netizen Soal Bahaya Lisan
* KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym.

Jakarta, Obsessionnews.com – Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym mengingatkan Netizen untuk menjaga lisannya. Pernyataan itu diungkapkan Aa Gym melalui akun resmi Facebook, KH Abdullah Gymnastiar, Selasa (22/11/2016).

Menurut ustadz kondang asal Bandung itu, salah satu ciri orang yang beriman kepada Allah Swt. dan Rasul-Nya adalah terampil menjaga lisan dari ucapan buruk, dari celetukan-celetukan yang tidak karuan, dan kata-kata tiada berguna.

Orang yang beriman akan sangat memelihara lisannya agar selamat karena ia meyakini dengan sepenuh hati tiada satupun ucapan sehalus apapun kecuali pasti akan dimintai pertanggungjawabannya di hadapan Allah Swt.

“Hati-hatilah terhadap lisan kita. Karena ucapan-ucapan yang terlontar darinya meskipun itu ringan namun bisa berakibat berat bagi kita,” tulis Aa Gym.

Untuk melengkapi pernyataannya, Aa Gym mengutip sebuah hadits Rasulullah Saw. yang diriwayatkan oleh Abu Hurairoh RA.

Ketika salah seorang sahabat pernah berkata kepada Rasulullah Saw. “Wahai Rasulullah, sesungguhnya wanita itu rajin sholat, rajin sedekah, rajin puasa. Namun dia suka menyakiti tetangga dengan lisannya.” Lantas Rasululloh Saw. bersabda, “Dia di neraka.” Kemudian sahabat bertanya lagi, “Ada wanita yang dikenal jarang berpuasa sunah, jarang sholat sunah, dan dia hanya bersedekah dengan potongan keju. Namun dia tidak pernah menyakiti tetangganya.” Rasulullah Saw. bersabda, “Dia ahli surge,” (HR. Ahmad).

Aa Gym menilai betapa dahsyat akibat yang datang dari lisan.  Ucapan yang terlontar dari lisan diibaratkannya seperti anak panah yang melesat dari busurnya. Sekali ia melesat, jelas Aa Gym, maka tidak akan bisa ditarik lagi. Kemudian, jika dia sudah tertancap pada sasaran, maka jikapun dia dicabut kembali maka bekasnya akan tetap ada.

“Sekalipun bekas itu ditambal sedemikian rupa, maka tetap ia tidak utuh lagi seperti sedia kala,” pungkas ustadz yang dikenal santun ini. (Fath @imam_fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.