Minggu, 3 Juli 22

9 Parpol Melenggang ke Gedung Parlemen

9 Parpol Melenggang ke Gedung Parlemen
* Gedung DPR RI. (foto: Kapoy)

Jakarta, Obsessionnews.comHasil hitung cepat sejumlah lembaga survei terkait suara Pemilu 2019 yang telah dilaksanakan 17 April 2019 kemarin menyebutkan ada sembilan partai politik (parpol) yang melenggang ke gedung parlemen. Karena kesembilan partai itu lolos ambang batas parlemen sebesar 4%.

Data yang dihimpun dari lembaga survei Litbang Kompas pada Kamis (18/4/2019) menyebutkan partai yang lolos syarat minimum kursi parlemen itu, yakni PDI Perjuangan meraih 20,22%, disusul oleh Gerindra 12,82%, kemudian Partai Golkar 11,71%, PKB 9,39%, PKS 8,56%, Partai Nasdem 8,13%, Partai Demokrat 8,07%, PAN 6,57%, dan PPP 4,65%.

Sedangkan Partai Garuda, Partai Persatuan Indonesia, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Hanura, Partai Berkarya, Partai Bulan Bintang, serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, tak lolos karena jumlah suara yang didapat kurang dari 4 persen.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Aria Bima mengatakan, kunci kesuksesan partainya dalam pemilihan legislator adalah kemerataan kader. Ia menyebutkan kepengurusan PDIP paling lengkap di seluruh Indonesia dibanding partai lain. “Kader yang terdistribusi merata dan berkualitas adalah kelebihan PDIP,” katanya di Jakarta, Rabu (17/4).

Sementara itu, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie mengatakan, partainya sudah legowo dengan hasil hitung cepat berbagai lembaga survei yang menunjukkan partai anak muda itu tak lolos ke parlemen. Menurut hasil quick count beberapa lembaga survei, PSI mendapat 2 persen.

Menurut Grace, partainya telah melakukan upaya semaksimal mungkin, namun keputusan rakyat melalui mekanisme demokrasi harus diterima. “Kami terima dan kami hormati,” ujar Grace di Djakarta Teater, Jakarta.

Grace juga membuat keterangan tertulis bahwasannya tidak ada penyesalan atas keringat yang jatuh selama membangun partai ini. “Kami, anak-anak muda PSI telah terlibat dalam sebuah perjuangan yang bagi kami sangat luar biasa,” kata dia.

Dia juga meminta para pengurus dan caleg tidak putus asa dan tetap menjaga suara PSI. “Meskipun kandas melewati parliamentary threshold di level nasional, tapi saya yakin bahwa akan banyak kawan-kawan yang berpeluang mendapatkan kursi di DPRD provinsi dan kabupaten kota. Ini adalah modal politik yang harus kita rawat,” pungkas perempuan berparas cantik ini. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.