Rabu, 16 Oktober 19

9 Jenis Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

9 Jenis Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas
* Ilustrasi menyimpan makanan di kulkas. (Foto: bibilotika)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kebiasaan masyarakat Indonesia, jika setelah selesai belanja makanan umumnya langsung disimpan di kulkas.
Mulai dari buah-buahan, sayur-mayur, hingga daging. Menyimpan makanan di kulkas dilakukan karena alasan mereka ingin makanan tersebut bisa tahan lama atau lebih awet.

Padahal, ternyata banyak makanan yang kerap dibeli tidak cocok disimpan di kulkas. Beberapa jenis makanan tertentu justru akan cepat rusak kalau dimasukkan ke dalam kulkas, atau bisa merusak kandungan protein atau vitamin di dalamnya.

Berikut sembilan makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas seperti dirangkum dalam berbagai sumber:

1. Segala jenis bawang

Bawang tidak baik disimpan di kulkas, baik bawang putih, bawang, merah, ataupun bawang bombai. Bawang putih dan bawang merah serta bombai apabila disimpan di kulkas, lama-lama akan tumbuh tunasnya. Tekstur bawang pun akan jadi lebih kenyal dan kusam.

Selain itu, rasa bawang putih, bawang merah dan bombai juga tidak akan setajam sebelumnya sehingga masakan Anda pun jadi terasa lebih hambar. Bawah lebih baik disimpan di tempat yang kering dengan sirkulasi udara yang baik.

2. Tomat

Kesalahan yang banyak dilakukan adalah memasukan tomat ke dalam kulkas. Padahal, tomat seharusnya tidak boleh masuk kulkas. Mungkin mereka ingin menjaga agar tomat tetap segar, tetapi menyimpan tomat dalam kulkas malah akan membuatnya kusam dan lembek. Udara yang dingin juga akan mengubah rasa tomat jadi lebih hambar.

3. Kentang dan ubi

Kentang dan ubi tidak boleh masuk kulkas karena udara yang dingin dan lembap bisa merusak tekstur dan rasanya. Pati yang terkandung dalam kentang dan ubi akan lebih cepat terurai menjadi gula sehingga kentang dan ubi jadi terasa manis menyengat. Teksturnya yang lembut pun akan berubah jadi lebih kasar dan keras.

4. Buah-buahan

Sebenarnya cara terbaik untuk menikmati buah-buahan adalah dimakan langsung, bukan disimpan terlalu lama baru dikonsumsi. Apalagi jika disimpan dalam kulkas. Buah-buahan seperti pisang, alpukat, semangka, melon, apel, pir, stroberi, mangga, jeruk, dan pepaya akan kehilangan khasiatnya jika disimpan di dalam kulkas.

Bukan tanpa alasan, buah-buahan tersebut kandungan antioksidan bisa berkurang karena udara dingin. Selain itu, buah-buahan yang disimpan di kulkas juga akan terasa kering dan kurang matang. Namun, umumnya masyarakat Indonesia menyimpan buah-buahan di kulkas.

5. Roti

Meski roti sebenarnya tidak boleh masuk kulkas, masih banyak orang yang melakukan kesalahan ini karena ingin menjaga roti tetap awet setelah berhari-hari. Menyimpan roti dalam kulkas memang bisa mencegah jamur, tetapi roti akan jadi terasa lebih kering dan kasar. Sebaiknya simpan roti dalam wadah kedap udara selama paling lama tiga hari.

6. Minyak

Berbagai jenis minyak seperti minyak zaitun, minyak kelapa murni (virgin coconut oil), atau minyak kelapa sawit tidak boleh masuk kulkas. Minyak yang disimpan di kulkas akan mengental dan membeku jadi seperti margarin. Lagipula, minyak bisa bertahan cukup lama tanpa dimasukkan ke dalam kulkas. Simpanlah minyak di tempat yang gelap dalam suhu ruangan.

7. Daun-daunan

Daun-daunan yang sering digunakan sebagai rempah-rempah atau bumbu masakan juga tidak boleh masuk kulkas. Contohnya adalah daun bawang, daun ketumbar, daun kemangi, daun seledri, daun salam, atau daun peterseli. Jika disimpan dalam kulkas, daun-daunan tersebut akan menyerap bau-bauan dari makanan lain di kulkas sehingga tak wangi lagi aromanya.

8. Kacang-kacangan

Sebaiknya kacang-kacangan mentah seperti kacang tanah, kacang almond, kacang mete, dan kacang hijau tidak masuk ke dalam kulkas. Pasalnya, kacang yang disimpan di kulkas bisa mengurangi rasa gurih khas kacang-kacangan.

Selain itu, kulit kacang juga bisa menyerap bau-bauan dari kulkas. Cukup masukkan kacang-kacangan dalam wadah kedap udara dan simpan di tempat yang kering dan jauh dari paparan sinar matahari langsung.

9. Biji kopi

Jika membeli biji kopi dalam jumlah cukup banyak dan tak bisa langsung menghabiskannya, jangan dimasukkan dalam kulkas. Kelembapan udara di dalam kulkas akan mengubah kopi yang Anda buat jadi lebih encer dan aromanya tidak kuat.

Biji kopi yang disimpan dalam kulkas juga akan menyerap aroma bahan makanan lain yang disimpan bersamaan. Rasa kopi pun jadi kacau setelah ditumbuk dan diseduh. Untuk menyimpan kopi, masukkan ke dalam wadah yang kedap udara dan simpan di tempat yang tidak kena sinar matahari. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.