Kamis, 20 Januari 22

800 Ribu Perantau Minang Pulang Kampung

800 Ribu Perantau Minang Pulang Kampung

Padang, Obsessionnews – Sekitar 800.000 perantau Minang Sumatera Barat (Sumbar) yang tersebar di sejumlah provinsi yang ada di Indonesia, akan pulang kampung saat lebaran 1436 Hijriah. Jumlah tersebut berkurang dibanding tahun lalu yang mencapai 900.000 sampai 1 juta orang.

Kepala Biro Pembangunan dan Kerjasama Rantau Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar Muhammad Yani mengatakan, perantau Minang yang pulang kampung lebaran tahun ini berkurang karena pengaruh ekonomi dan kebutuhan sekolah anak.

“Kita perkirakan perantau yang pulang kampung sekitar 800.000 orang. Mereka yang pulang ini adalah yang sudah mengagendakan jauh hari sebelumnya,” kata Muhammad Yani di dampingi Kepala Bagian (Kabag) Kerjasama Rantau Fahyu Yereti, Jum’at (10/7).

Muhammad Yani mengatakan, dari 77 badan koordinasi(Bako) perantau Minang yang tersebar di Indonesia dan juga di luar negeri yang sudah mengkonfirmasi pulang kampung untuk merayakan lebaran berasal dari perantau Nagari Kinali, Kabupaten Pasaman Barat dan Tanjung Raya Kabupaten Agam  masing 500 orang dan 600 orang.

“Hingga sekarang perantau yang memberitahukan untuk pulang kampung baru Nagari Kinali, Kabupaten Pasaman Barat dan Tanjung Raya Kabupaten Agam,” ujar M Yani.

Lebih lanjut Muhammad Yani mengatakan, gelombang kepulangan perantau masih banyak yang datang hingga H-3 atau sesudah lebaran, terutama para saudagar di perantauan. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.