Sabtu, 25 September 21

80 Ribu WP di Subang Belum Bayar Pajak

80 Ribu WP di Subang Belum Bayar Pajak
* Ahmad Sobari

Subang, Obsessionnews  – Sekitar 80 ribu wajib pajak (WP) di Kabupaten Subang belum melaksanakan kewajiban membayar pajak. Akibatnya, capaian target pendapatan pajak 2015 sebesar Rp24 miliar, berpotensi terhambat.

Menurut Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Subang, Ahmad Sobari, jumlah keseluruhan WP sekitar 800 ribu orang. Sedangkan yang sudah membayar pajak baru 90%.

“Selebihnya belum menjalankan kewajiban mereka. Padahal, masa tenggang pembayaran pajak tersisa kurang dari dua bulan,” ujar Ahmad kepada wartawan, Jum’at (13/11/2015).

Pada tahun 2015 pihaknya menargetkan pendapatan pajak sebesar 24 miliar rupiah. Namun pajak yang masuk baru 20 miliar rupiah. Diakibatkan 80.000 WP belum membayar pajak.

“Mayoritas didominasi para pengusaha,” imbuhnya.

Namun, kata Ahmad pihaknya optimis akan mencapai target. Karena biasanya mereka (pengusaha) membayar pada akhir tahun.

Selanjutnya kata Ahmad, masih banyak potensi WP yang belum digarap, baik dari kalangan masyarakat maupun perusahaan.

Salah satu penyebabnya ialah objek pajak belum memiliki SPPT. Sehingga mereka belum bisa ditagih.

“Kalau potensi-potensi ini dibiarkan, pemerintah rugi, sebab peluang bertambahnya pendapatan pajak jadi hilang,” katanya.

Karena itu, mulai 2016 mendatang, pihaknya akan membenahi pengelolaan WP, dengan memberlakukan sistem swakelola pajak. Yaitu menelusuri dan mendata ulang para wajib pajak dengan bantuan aparatur pemerintah desa, baik RT, RW dan petugas kolektor PBB.

“Mereka akan diberi insentif. Maka dengan (sistem) swakelola, data WP jadi lebih akurat, dan potensi WP yang belum tergarap bisa diketahui, untuk kemudian dimasukan database WP,” paparnya. (Teddy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.