Jumat, 19 April 24

73 Karya Lukis dan Patung Seniman Dilelang Untuk 01

73 Karya Lukis dan Patung Seniman Dilelang Untuk 01
* Kartika Affandi (duduk), anak dari maestro Affandi memperkenalkan lukisannya yang akan dilelang. (Foto: timses)

Jakarta, Obsessionnews.com – Sebanyak 73 karya lukis dan patung seniman Indonesia akan dilelang untuk mendukung pasangan paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. Di antaranya karya milik pelukis Kartika Affandi, anak maestro Affandi.

Kartika mengaku senang dapat memberikan dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf. Sehingga dukungan yang diberikan menunjukkan konsistensi para seniman, yang mendukung sejak Jokowi maju pada Pilpres 2014.

 

Baca juga:

Debat Capres Kedua, Ini Jurus Jokowi dan Prabowo

Ini Berbagai Gebrakan Pemerintahan Jokowi Jaga Kekayaan Laut Indonesia

Ini 5 Poin Dukungan Alumni SMA Jakarta Bersatu Kepada Jokowi

 

 

“Iya harusnya kita harus konsekuen dong, nyambung terus jangan putus di tengah jalan. Beliau (Jokowi) yang luar biasa, apalagi nanti melihat karya kami bagaimana kami mengungkapkannya,” kata Kartika di lokasi pameran, Hotel Pullman, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Senin (11/2/2019).

Sementara itu Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Hasto Kristiyanto mengatakan pameran lukisan lintas generasi dan lelang merupakan bentuk dukungan dari para seniman dan budayawan kepada pasangan capres 01 Jokowi-Ma’ruf. Mereka memberikan sumbangsih dengan melelang lukisan.

“Para budayawan kita membentuk tingkat keadaban kita sebagai bangsa, karena capaian kebudayaan sebuah bangsa itu sangat menentukan bagaimana tolak ukur kemajuan bangsa itu karena di situlah nilai-nilai kemanusiaan itu diekspresikan dengan bebas,” ujar Hasto.

Dukungan yang digalang oleh para seniman, memang sudah terjadi sejak 2014. Saat itu, diselenggarakan di Museum Affandi di Yogyakarta dengan tema “2014 Kami Melukis Sebagai Bentuk Dukungan”.

“Dan sekarang kembali para seniman, para budayawan berkumpul di mana mereka mencanangkan 2019 justru kami melukis sebagai bentuk sebuah dukungan kepada pimpinan Pak Jokowi,” tutur Hasto.

Dukungan dari para seniman dan budayawan dinilai Hasto sangat penting. Karena menjadi titik temu ilmu pengetahuan, kekuasaan, para politisi dan juga kebudayaan. Sehingga membentuk kolaborasi yang dianggap positif.

“Akan ditampilkan 73 karya dan ini sekali lagi sebagai sebuah cermin tingkat peradaban kita tanpa kebudayaan suatu bangsa akan mati, tanpa kebudayaan politik bagaikan di padang gurun tanpa oase,” ucap Hasto.

TKN pun mengapresiasi acara tersebut sebagai bentuk dukungan dari para seniman dan budayawan. Yang memiliki niatan menyumbang dana kampanye melalui karya mereka.

“Karena memang ini nanti akan dilelang dan ini bagian dari karya para seniman untuk mendukung Pak Jokowi dan seluruh penerimaan termasuk juga gotong royong dari dana malam nanti itu semua akan dilaporkan dalam rekening dana kampanye,” imbuh Hasto. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.