Sabtu, 4 Desember 21

7 Ribu Pedagang Pasar Johar Terpaksa Mengungsi

7 Ribu Pedagang Pasar Johar Terpaksa Mengungsi
* Kombes Pol Burhanudin menyatakan pihaknya siap melaksanakan pengamanan bagi relokasi pedagang pasar Johar.

Semarang, Obsessionnews – Kebakaran hebat yang meluluhlantakan kompleks perdagangan Johar tadi malam, Sabtu (9/5) membuat Pemerintah Kota Semarang harus mendatangkan puluhan unit pemadam kebakaran (damkar) baik dari Kabupaten Kendal, Demak, Pati, dan Kabupaten Semarang.

“Kita support para pedagang yang bawa barangnya akan kita angkut,” ujar Walikota Semarang, Hendrar Prihadi saat dikonfirmasi di Pasar Johar Semarang, Minggu pagi (10/05/2015)

Hal itu sebagai bentuk langkah dukungan oleh Pemkot Semarang dengan melakukan rapat koordinasi lintas sektoral guna pengambilan langkah strategis penanganan kebakaran Pasar Johar.

Adapun armada jenis truk yang disiapkan berasal dari truk milik Pemkot Semarang, Pangkalan TNI Angkatan Laut, Polrestabes Semarang, Kodim 0733 BS Semarang dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jateng.

Pasar-Johar terbakar1

“Untuk pengamanan, pihak Polrestabes Semarang sudah siap mengamankan barang-barang pedagang dari penjarahan masa,” terangnya Hendi, sapaan akrab Walikota.

Rencananya, para pedagang akan dipindah ke pasar sementara yakni Pasar Higienis Rejomulyo. Di wilayah tersebut sesegera mungkin didirikan posko penanganan darurat.

“Dalam 14 hari kedepan kita akan melakukan penanggulangan darurat akibat kebakaran, akan kita dirikan posko penanganan darurat Pasar Johar,” tuturnya.

Api belum bisa dijinakkan sepenuhnya hingga minggu pagi tadi (10/5/2015). Sebanyak 5 ribu kios di Pasar Johar, masih belum bisa terpantau seluruhnya.

“Nanti akan diinventarisir, berapa kerugiannya dan apa saja kebutuhan para pedagang, nanti akan dihitung oleh dinas pasar,” imbuh Hendi.

Pasar-Johar terbakar2

Di sisi lain, Polrestabes Semarang telah menyiagakan sedikitnya 300 personel untuk mengamankan Pasar Johar dari aksi penjarahan masa, pasca kebakaran.

Pihaknya bergegas mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan seperti aksi kejahatan penjarahan ataupun pencurian.

“Kita antisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti penjarahan atau pencurian. Untuk itu sudah disiagakan sebanyak 300 personel baik berseragam maupun tidak,” ujar Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Burhanudin.

Tak hanya itu saja, anggota unit Sabhara Polda Jawa Tengah juga ikut diturunkan guna pelaksanaan pengamanan Pasar Johar.

“Mengingat ada sekitar 7 ribu orang pedagang yang berada di Pasar Johar, pihak Polda Jateng juga menerjunkan kurang lebih 280 personil untuk membantu pengamanan tersebut,” tutupnya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.