Kamis, 29 Oktober 20

7 Makanan Pendongkrak Imunitas Tubuh Saat Puasa

7 Makanan Pendongkrak Imunitas Tubuh Saat Puasa
* Ilustrasi imunitas tubuh manusia. (Foto: tribunnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung pekan. Namun di tengah serangan virus Corona (Covid-19) ini nampaknya penambahan imunitas seseorang sangat dibutuhkan.

Lalu bagaimana seseorang dapat meningkatkan imunitasnya? Untuk tahu lebih dalam lagi soal asupan bagi tubuh manusia untuk meningkatkan imunitas di bulan puasa? Berikut makanan yang dapat mendongkrak imunitas tubuh saat puasa.

1. Telur

Telur merupakan sumber makanan yang tinggi akan kandungan protein. Di dalamnya, terdapat vitamin B-kompleks dan D yang memang baik untuk memperlancar aliran darah sekaligus membasmi penyakit.

2. Bayam

Sayuran hijau satu ini kaya akan asam folat yang berfungsi untuk membantu tubuh membentuk sel-sel baru. Selain itu, bayam juga tinggi aktioksidan, serat, dan vitamin B yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Konsumsi bayam saat sahur dan berbuka sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

3. Jahe

Saat imunitas tubuh sedang turun yang disertai flu dan hidung tersumbat, menyeduh secangkir jahe hangat tentu menjadi obat alami yang paling sempurna.

Sama seperti vitamin C, jahe juga baik untuk mencegah flu dan pilek karena kandungan antimikroba yang terkandung di dalamnya ampuh untuk meingkatkan daya tahan tubuh. Tubuh pun akan terasa hangat saat Anda menyesap minuman yang satu ini.

4. Jamur

Siapa sangka, ternyata jamur turut berperan dalam proses pembentukan sel darah putih pada tubuh Anda. Sel darah putih sendiri memegang peranan penting dalam kekebalan tubuh.

Selain itu, jamur juga kaya akan zinc dan beragam nutrisi lainnya yang mendukung terjaganya imunitas tubuh.

5. Semangka

Ingin terhindar dari dehidrasi? Mungkin Anda bisa menjajal semangka. Buah berwarna merah ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi, sehingga bisa membantu Anda terhindar dari dehidrasi.

Semangka juga baik untuk menurunkan tekanan darah, sehingga cocok sebagai menu buka puasa atau sebagai makanan penutup setelah Anda melakukan makan malam.

6. Yoghurt

Tidak suka susu? Coba yoghurt sebagai alternatifnya. Makanan dengan rasa asam dan manis ini kaya akan vitamin D juga mengandung berbagai bakteri aktif yang membantu menjaga kekebalan tubuh Anda.

Konsumsi yoghurt saat berbuka dan sahur baik untuk Anda yang sedang diet karena yoghurt juga membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh.

7. Bawang Putih

Tak hanya jeruk, bawang putih ternyata juga mengandung antioksidan yang membantu tubuh mencegah radikal bebas. Rutin mengonsumsi bawang putih akan menghilangkan berbagai bakteri jahat pada tubuh.

Memang, rasanya yang tidak terlalu enak membuat bahan makanan satu ini tak begitu digemari. Terlebih dengan efeknya yang membuat bau mulut menjadi kurang sedap setelah kamu mengonsumsinya. Meski begitu, ternyata tersimpan berbagai manfaat di dalamnya.

Selamat mencoba, semoga informasi tulisan ini berguna bagi Anda. (Gia)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.